EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

17 April 2018, 12:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Bersepeda belakangan menjadi hobi buat sebagian masyarakat urban. Enggak heran  kalau sekarang banyak bermunculan komunitas-komunitas pencinta sepeda. Bike Messenger Service adalah salah satunya. Dibentuk di Jakarta pada 2013, komunitas ini jadi wadah buat para penggila sepeda fixie. 

Hendi, pendiri komunitas ini mengaku jika tujuan komunitas ini adalah untuk mempertahankan eksistensi sepeda fixie. Selain itu, juga untuk menciptakan lapangan kerja sehingga memberikan dampak positif buat sekitar.

Hendi, pendiri komunitas West Bike Messenger. (MLD SPOT)

Komunitas West Bike Messenger ternyata kerap mengikuti berbagai perlombaan dunia mewakili Indonesia. Pertama kali, komunitas ini mengikuti ajang kejuaraan dunia kurir sepeda yang bernama CMWC (Cycle Messenger World Championship) pada 2015.

West Bike juga pernah mengikuti kompetisi serupa di Montreal, Kanada atas sponsor dari MLD dan berhasil menembus babak final. Saat itu, komunitas ini mendapatkan peringkat ke-50 dari 370 peserta. 

Selain sebagai pendiri komunitas Bike Messenger Service, Hendi juga pemilik toko sepeda West Bike yang berlokasi di Jakarta Barat. Tokonya sendiri telah ada sejak tahun 2010. 

Besarnya peminat fixie yang ingin bergabung dengan komunitas Bike Messenger Service ternyata berimbas pada bisnis sepedanya. Selain Jakarta, toko sepeda West Bike milik Hendi telah membuka cabang di Bandung dan Surabaya. 

Di Jakarta sendiri jumlah karyawan West Bike telah mencapai 60-an yang mampu melayani 3 ribu pengiriman sepeda tiap hari. Cara order sepeda di tempat ini bisa melalui call centre dan beberapa aplikasi media sosial.

For more inspiring story, kunjungi www.mldspot.com

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments