hero
(Reader's Digest)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

16 April 2018, 12:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

First impression itu penting. Kesan pertama yang kamu perlihatkan di depan orang lain bakal mempengaruhi pikiran mereka terhadap kamu. So, biar kesan pertama yang kamu tunjukkan menarik orang lain, beberapa kebiasaan ini perlu kamu hindari:

 

1. MAININ RAMBUT

(Brightside)

Cewek yang mainin rambut terkadang dianggap menggoda. Tapi gestur ini juga bisa berarti cemas, enggak pede dan enggak nyaman berhadapan sama orang lain.

2. MENGHINDARI KOTAK MATA

(Brightside)

Kontak mata penting banget buat memberikan kesan yang baik ke orang lain. Orang yang enggak berani menatap mata lawan bicara bisa dianggap cemas, sedang menutupi sesuatu atau tidak tertarik sama topik yang dibahas. Sementara kalau berani kontak mata, kamu bisa terlihat percaya diri.

3. SHAKING HANDSHAKE

(Brightside)

Jabat tangan sambil menggoyangnya? Big no no! Salaman seperti ini mengesankan kamu sebagai pemalu, mudah cemas dan tidak terbuka.

Buat kesan pertama yang baik, sebaiknya kamu memakai two second rules. Jadi, jabat tangan orang yang kamu temui dengan mantap dan jangan terlalu lama menahannya, cukup dua menit.

4. MENGUNYAH PERMEN KARET

(Brightside)

Kebiasaan mengunyah permen karet mengesankan kamu sebagai orang yang childish alias enggak dewasa. Jadi, kalau mau interview kerja, jangan sampai kepergok lagi mengunyah permen ya. Tapi di lingkungan tertentu, mengunyah permen karet bisa mengesankan kamu sebagai orang yang friendly dan gampang dekat sama orang lain.

5. SALAH TOPIK

(Brightside)

Enggak semua topik bisa kamu bahas di pertemuan pertama dengan orang baru. Untuk menghadirkan first impression yang baik, hindari topik tentang agama, masalah kesehatan, mantan pacar, pandangan politik atau masalah pribadi. Pilih topik yang santai dan jangan hanya fokus ke diri kamu sendiri. Siapkan diri kamu buat mendengarkan lawan bicara.

6. BOLAK-BALIK LIHAT HANDPHONE

(Brightside)

Rata-rata orang mengecek handphone 110 kali per hari. Well, ini sebenarnya enggak bagus apalagi kalau di pertemuan pertama kamu sama seseorang. Terus-terusan lihat handphone memberi kesan kamu lagi bete, bosan atau punya hal lain yang lebih menarik.

7. SOK KENAL SOK DEKAT

(Brightside)

Baru pertama ketemu terus langsung SKSD? Duh, enggak banget. Sok kenal sama orang yang baru ditemui bisa membuat lawan bicara kita enggak nyaman.

Hal ini juga berlaku dalam hal menjaga jarak tubuh ya. Menurut penelitian, jarak aman kita dengan orang yang baru ditemui adalah sekitar 1-3 meter.

Nah, intinya jaga perilaku saat baru kenalan sama orang lain. Beri first impression yang baik, biar kamu meninggalkan kesan menyenangkan bagi mereka.

BRIGHTSIDE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments