hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

15 April 2018, 09:05 WIB

BANDUNG, INDONESIA

Desain perpustakaan belakangan ini mulai berkembang. Kalau biasanya kaku, tapi yang satu ini berbeda. Microlibrary, itulah namanya. Perpustakaan mini ini berada di Taman Bima, Kota Bandung. 

Microlibrary dibangun pada akhir 2015 oleh sentuhan tangan dari Daliana Suryawinata dan Florian Heinzelmann. Sesuai namanya, perpustakaan ini sangat kecil karena hanya berukuran kurang dari 160 meter persegi dan terdiri dari dua lantai. 

(MLD SPOT)

Lantai bawah digunakan sebagai ruang serbaguna, sementara lantai atas difungsikan sebagai ruang baca. Bangunannya sangat unik karena dibuat dari susunan dua ribu limbah ember es krim. 

Jika dilihat dari luar, sebagian ember es krim dipasang terlihat bolong. Tujuannya untuk membuat sirkulasi udara serta pencahayaan. Selain itu, lubang ember es krim juga membentuk sebuah pola yang dinamakan binary code. 

(MLD SPOT)

Perpustakaan ini sendiri punya beberapa fasilitas seperti buku-buku, mainan tradisional, dan area berkumpul dengan komunitas. Microlibrary buka setiap hari mulai pukul 08.30-17.00 WIB untuk semua kalangan. 

Karena memiliki desain yang unik, Microlibrary berhasil mendapat penghargaan arsitektur. Salah satunya pada 2017, memperoleh apresiasi dari LafargeHolcim Awards for Sustainable Construction Asia Pasific. 

For more inspiring story, kunjungi www.mldspot.com.

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments