hero
Ilustrasi tenggelam. (PIXABAY)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

14 April 2018, 15:00 WIB

INGGRIS

Ketika anak-anak renang, pasti perlu perhatian ekstra dari orang tua. Hal itu dilakukan untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan seperti tenggelam. 

Untuk membantu orang tua mengawasi anak mereka, kini hadir sebuah alat. Inovasi ini berguna untuk mengurangi risiko tenggelamnya anak-anak di kolam renang. 

Gelang yang dilengkapi dengan alarm. (DOLPHIN ALARMS)

Alat yang dikeluarkan oleh perusahaan Dolphin Alarms ini terbagi dalam tiga produk. Antara lain gelang yang dipakai oleh anak, alarm yang ditempatkan di kolam renang, dan alarm yang berbunyi di rumah jika sesuatu terjadi.

Perangkat ini diperuntukkan bagi anak di bawah usia dua tahun. Saat anak yang memakai gelang tersebut terjatuh atau melompat ke dalam kolam, gelang akan mengirim sinyal ke perangkat terpisah yang mengambang di air dan mengeluarkan suara. 

Anak sedang renang. (PIXABAY)

Alat ini merupakan ide seseorang bernama John Barstead. Ia merasa iba saat melihat tetangganya yang meninggal karena tenggelam di kolam renang. Dari situ lah muncul ide untuk membuat alat ini. 

Salah satu ancaman terbesar bagi anak setelah jatuh ke dalam air adalah kerusakan otak. Butuh waktu sekitar empat menit untuk air masuk ke dalam otak.

Anak sedang bermain di kolam renang. (PIXABAY)

Dolphin Alarms meminimalisir kemungkinan itu terjadi, bahkan dalam hitungan detik. Alat yang dapat digunakan di air laut maupun air tawar itu dibanderol seharga US$400 atau sekitar Rp5,5 juta. 

DAILY MAIL | THE VERGE

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments