hero
Kebotakan pada pria. (THE SUN)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

13 April 2018, 10:15 WIB

JERMAN

Semakin beranjaknya usia seseorang, semakin banyak juga kekurangan yang terjadi pada fisiknya. Salah satunya adalah kerontokan rambut. Banyak orang yang sangat menghindari hal ini, sampai melakukan segala cara agar rambutnya tetap sehat dan terjaga dengan baik.

Sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa risiko kerontokan rambut akan sangat tinggi terjadi pada pria yang memiliki tubuh tidak tinggi. Penelitian tersebut dilakukan oleh Universitas Bonn, Jerman di mana para ilmuwan menyelidiki materi genetik lebih dari 20 ribu orang.

Faktor genetik memengaruhi kebotakan prematur pada pria. (THE SUN)

Dalam penelitiannya, para peneliti menganalisis data genetik dari sekitar 11 ribu pria dengan kebotakan dini dan sekitar 12 ribu pria yang tidak mengalami kerontokan rambut. Para peserta berasal dari tujuh negara yang berbeda.

Setelah diteliti, pemimpin penelitian tersebut yaitu Stefanie Heilmann-Heimbach mengatakan, "Kami mampu mengidentifikasi risiko kerontokan rambut prematur. Beberapa perubahan ini juga ditemukan dalam kaitannya dengan karakteristik dan penyakit, seperti ukuran tubuh yang pendek, pubertas sebelum waktunya, dan berbagai jenis kanker."

Peneliti dari Universitas Bonn, Stefanie Heilmann-Heimbach dan Profesor Markus Nothen. (SCIENCE DAILY)

Adanya penemuan ini sekaligus mengonfirmasi bahwa adanya hubungan antara rambut rontok dan peningkatan risiko kanker prostat. Tapi, Profesor Markus Nöthen, Direktur Institut Genetika Manusia di Universitas Bonn menambahkan bahwa hal ini tak perlu terlalu dikhawatirkan. 

"Namun, pria dengan rambut rontok prematur tidak perlu khawatir. Risiko penyakit hanya meningkat sedikit. Namun, menarik untuk dilihat bahwa kerontokan rambut sama sekali bukan karakteristik yang terisolasi, tetapi justru menampilkan berbagai hubungan dengan karakteristik lain."

SCIENCE DAILY | THE SUN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments