hero
Presiden Joko Widodo. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

12 April 2018, 14:20 WIB

PAPUA, INDONESIA

Presiden Joko Widodo dibuat bingung oleh seorang warga Papua karena menyebut nama ikan yang tidak diketahuinya. Adalah Yohanes Since, warga Jayapura, yang membuat Presiden bertanya-tanya soal nama ikan yang disebutnya.

Kisah bermula saat Jokowi, sapaan Joko Widodo, berkunjung ke Jayapura, Papua, Rabu, 11 April 2018. Di sana, politikus PDI Perjuangan itu membagi-bagikan 3.331 sertifikat tanah kepada warga di Sentani.

Seorang warga yang menyebut nama ikan baru di hadapan Presiden Joko Widodo. (NET)

 

Seperti khasnya gaya Presiden, di sela-sela pembagian sertifikat itu menggelar kuis yang hadiahnya sepeda. Majulah kemudian Since untuk menjawab pertanyaan dari Jokowi.

Since tidak sendiri. Dia bersama satu warga lainnya yang berani menjawab pertanyaan kuis dari Jokowi. Pada saat itu, Presiden meminta Since menyebut tujuh nama ikan.

Dengan percaya diri, Since menyebut secara lugas nama-nama ikan yang dia tahu seperti, ikan kembung, ikan mujair, dan ikan gabus. Tiba-tiba Since menyebut nama ikan yang terdengar asing di telinga Presiden.

Presiden saat menyerahkan sertifikat di Lapangan Kantor Bupati Jayapura. (BIRO PERS)

 

Nama ikan itu adalah ikan kepala batu, ikan merah, dan ikan 99. Sontak hadirin yang ada di sekitar tertawa terbahak-bahak saat Since menjawab ikan yang namanya asing itu.

"Ada ikan kepala batu?," kata Presiden kepada warga lainnya. Secara kompak warga menjawab, "Ada." Presiden masih bingung dengan nama ikan itu. "Kalau yang banyak orang yang kepala batu, banyak. Kalau ikan kepala batu tidak tahu."

Karena warga lainnya membenarkan ada nama ikan kepala batu, maka Jokowi membolehkan nama ikan itu masuk dalam tujuh daftar nama ikan sesuai kuisnya. 

Since kemudian melanjutkan sisa nama ikan lainnya demi mendapatkan sepeda.  Kali ini dia menyebut ikan merah dan ikan sembilan-sembilan (99). Ikan merah yang dimaksud Since adalah ikan kakap.

Masyarakat di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, antusias menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana. (SETKAB)

 

Jokowi terperanjat mendengar nama ikan 99. "Ikan 99 itu ikan apa? Nanti ada ikan 88, ikan 77, ikan 66. Ada nggak ikan 99?" tanya Presiden ke warga lainnya. Lagi-lagi warga dengan kompak menjawab, "Ada!"

Presiden tak berhenti menahan tawa mendengar nama ikan 99 itu. Since juga menjelaskan bahwa ikan 99 itu ada di Danau Sentani. "Siripnya ada sembilan," ujar Since.

Karena dianggap sukses menjawab kuis Jokowi, Since kemudian mendapatkan sepeda cantik dari Presiden. Momen itu mungkin tak akan dilupakan ibu-ibu itu seumur hidupnya.

RIVANDO NAY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments