hero
(ANTARA/Muhammad Adimaja)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

29 Maret 2018, 07:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

“Abang-abang” ojek online bisa menarik nafas lega untuk sementara waktu. Angin segar berhembus dari hasil pertemuan antara pemerintah dengan perwakilan perusahaan operator layanan transportasi online, Grab dan Gojek, Rabu sore, 28 Maret 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Kepala Staf Presiden Moeldoko telah selesai berdiskusi dengan perwakilan dari Grab dan Gojek di Kantor Staf Presiden.
 

Pemerintah bertemu operator transportasi online di Kantor Staf Presiden, Rabu, 28 Maret. (NET/Luqmanul Hakim)

Pertemuan ini memastikan tarif dasar ojek online di Indonesia akan dinaikkan. Namun pemerintah tetap tidak bisa menekan besaran tarif dasar tersebut.

"Intinya adalah dari aplikator itu ingin juga mensejahterakan drivernya. Besarnya berapa kenaikan itu nanti mereka akan rembug-kan,” kata Moeldoko. "Tapi selanjutnya besaran batasannya hak dari perusahaan. Kita tidak boleh menekan karena dia juga punya perhitungan-perhitungan sendiri," lanjut mantan Panglima TNI itu.
 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (NET/Luqmanul Hakim)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hanya memberikan masukan besaran tarif dasar yakni sebesar Rp. 2.000. "Kira-kira dari perhitungan kita ada suatu nilai harga pokok antara 1.400 hingga 1.600 dan dengan keuntungan dan jasanya sehingga average-nya menjadi 2.000. Nah inilah yang akan kita pakai untuk mereka dalam menentukan," ujar Budi Karya.

Kepastian tarif dasar ini masih menunggu hasil pertemuan Grab dan Gojek dengan para driver-nya. Pemerintah ingin hari Senin pekan depan sudah bisa diumumkan besaran kenaikan tarif dasar tersebut. Mediasi ini dipicu oleh unjuk rasa ribuan “abang” ojek online di depan istana pada hari Selasa, 27 Maret 2018. Para driver ojek menuntut rasionalisasi tarif dasar.

MARCELINUS AGUNG | LUQMANUL HAKIM

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments