hero
(NET/Alvonsius Manopo)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

26 Maret 2018, 14:25 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta merilis sistem samsat digital, Senin pagi, 26 Maret 2018. Lewat sistem ini, pemilik kendaraan atau wajib pajak cukup datang ke samsat untuk mengisi data kendaraan via e-form dan membayar tagihan secara non tunai lewat Bank DKI. Pembayaran juga bisa dilakukan melalui aplikasi JakOne Mobile Bank DKI.

Samsat digital diresmikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo bersama Ketua KPK, Agus Rahardjo, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Idham Aziz, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
 

Peresmian Samsat digital di Polda Metro, Jaya, Senin, 26 Maret 2018. (ANTARA/Galih Pradipta)

Sistem ini diklaim hanya memakan waktu paling lama 10 menit. Samsat digital diyakini ampuh menjadi solusi bagi pemilik kendaraan yang masih enggan bayar pajak. 

“Kemendagri sampaikan apresiasi di DKI ini bahwa Polda dengan cepat bersinergi dengan Pemprov DKI termasuk Bank DKI melakukan langkah terobosan yang tadi saya sampaikan e-samsat sistem digital tidak sampai 10 menit selesai,” kata Mendagri, Tjahjo Kumolo.  

Samsat digital targetkan pelayanan tak sampai 10 menit. (NET/Alvonsius Manopo)

Modernisasi sistem ini juga diganjar penghargaan MURI sebagai terobosan pembayaran STNK digital dengan metode QR Code pertama di Indonesia. “Mudah-mudahan e-samsat jadi contoh nasional pelayanan publik,” lanjut Tjahjo. 

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, optimis dengan adanya samsat digital, realisasi target penerimaan pajak tahun ini akan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. “Adanya kemudahan terobosan samsat, betul-betul memudahkan hanya hitungan menit Insya Allah yang belum melakukan pelunasan silakan datang ke Markas Polda akan segera diselesaikan dan Insya Allah perolehan pajak kita tahun ini akan meningkat,” ujar Anies. 

PRITA KUSUMA | ALVONSIUS MANOPO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments