hero
(THE TRANSHUMANIST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

20 Maret 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Ada alasan mengapa buku disebut sebagai jendela dunia. Kamu enggak akan pernah tahu seberapa akurat deskripsi dunia masa depan dalam buku, terutama buku pengetahuan.

Rupanya, penulis beberapa buku fiksi memiliki pengetahuan tertentu tentang dunia ini yang melebihi batas pemahaman orang awam. Enggak sedikit di antaranya sudah terwujud nyata hari ini. Berikut beberapa contohnya seperti dilansir dari Brightside.

1Cryonics

Cryonics. (BRIGHTSIDE)

Petunjuk pertama pada teori cryonics dapat ditemukan dalam cerita pendek The Jameson Satellite, yang ditulis oleh Neil R. Jones pada tahun 1931. Namun, konsep ‘cryopreservation’ manusia dipopulerkan pada tahun 1947 oleh Robert Ettinger, seorang akademisi Amerika, yang juga dikenal sebagai "bapak krionik."

Ia juga menulis sebuah cerita pendek utopis berjudul The Penultimate Trump. Robert Ettinger menjadi orang pertama yang telah mempromosikan mekanisme pembekuan diri yang disengaja.

Cryonic sendiri adalah teknik pembekuan mayat yang ditujukan agar sel jasad enggak rusak. Sehingga bisa dibangkitkan lagi suatu saat nanti. Robert Ettinger kini telah meninggal dunia dan menjadi pasien ke-106 yang menggunakan teknik ini.

2Daging buatan laboratorium

Daging buatan laboratorium. (BORGEN MAGAZINE)

Daging yang dibiakkan secara artifisial, pertama kali disebutkan dalam sebuah novel fiksi ilmiah berjudul Two Planet, yang ditulis pada tahun 1897 oleh Kurd Lasswitz. Dalam bukunya, ‘Daging Sintetis’ adalah salah satu varietas makanan sintetis yang diperkenalkan ke Bumi oleh makhluk Mars.

3Pendaratan di bulan

Pendaratan di bulan. (HUFFINGTON POST)

Tahun 1865, penulis Prancis Jules Verne menerbitkan novelnya ‘From the Earth to the Moon’. Di mana dia menggambarkan sebuah senjata luar angkasa besar yang bisa meluncurkan proyektil langsung ke Bulan.

Sekitar seabad kemudian, pesawat luar angkasa Apollo 11 mendarat di Bulan. Nama pesawat tersebut sama seperti yang diperkirakan Verne dan lebih dari itu, jumlah orang yang mendarat bahkan sama persis.

4Bom atom

Bom atom. (UNSHOOTABLES)

Dalam novelnya The World Set Free, H.G. Wells memperkirakan bahwa granat berbasis uranium dengan kekuatan enggak terbatas akan menghancurkan sejumlah besar kehidupan di masa depan. 31 tahun setelah bukunya diterbitkan, sebuah bom atom yang nyata diluncurkan di bawah Proyek Manhattan dan ditargetkan di Hiroshima.

5Kekuatan nuklir

Kekuatan nuklir. (NEWSWEEK)

Solution Unsatisfactory (1941), sebuah cerita pendek oleh Robert Heinlein, menggambarkan Amerika Serikat mengembangkan senjata nuklir sebelum dunia lainnya. Dan menjadi satu-satunya negara adidaya di planet ini.

Heinlein juga menulis tentang persaingan antar negara lain untuk mengembangkan bom serupa. Semua peristiwa ini terjadi selama periode perlombaan senjata nuklir dalam Perang Dingin.

6Kasur air

Kasur air. (MY LIFE WEAR)

Selain nuklir pada Perang Dingin, tempat tidur air juga bisa dianggap sebagai penemuan Heinlein. Dalam novelnya “Stranger in An Strange Land”, yang ditulis pada tahun 1961, ada semacam deskripsi rinci tentang jenis tempat tidur di mana penemu akhirnya mematenkannya.

7Kartu kredit

Kartu kredit. (DREAM STOP)

Dalam novel fiksi utopis Looking Backward, yang terbit pada 1888, Edward Bellamy secara akurat meramalkan penggunaan kartu kredit. Dalam cerita era masyarakat baru ini, setiap orang diberi jumlah kredit yang sama dengan yang didukung oleh pemerintah. Yang dapat digunakan secara global untuk membeli berbagai barang. Dalam sejarahnya kartu kredit baru direalisasikan ke dunia nyata pada tahun 1900-an.

8Headset dan bluetooth headset

Headset dan bluetooth headset. (PINTEREST)

Meskipun alat stereo pribadi belum muncul sampai tahun 1977, Ray Bradbury menggambarkan earphone dalam novel distopia Fahrenheit 451, yang terbit pada 1953. Masyarakat dalam novel ini sering menggunakan "kerang" dan "radio bidik", yang memiliki kemiripan mencolok dengan bluetooth headset di kehidupan modern saat ini.

9Internet

Internet. (LEGANERD)

Pada 1898, Mark Twain menulis cerita pendek Dari ‘London Times’ tahun 1904, yang berlatar waktu 6 tahun kedepan. Gadget yang baru ditemukan dalam cerita ini digambarkan oleh penulis sebagai "telepon tanpa batas". Yang bisa membuat jaringan informasi di seluruh dunia dapat diakses oleh semua orang. Kedengaran persis seperti internet di hari ini.

10Obat antidepresan

Obat antidepresan. (BRIGHTSIDE)

Novel distopia karya Aldous Huxley yang berjudul Brave New World menggambarkan pandangan suram tentang sebuah masyarakat yang diperintah oleh manipulasi psikologis. Penduduk bergantung pada pil penguat mood yang disebut 'soma', yang diciptakan untuk menginduksi stabilitas dan mengurangi pikiran sedih dan cemas.

Novel ini ditulis 2 dekade sebelum percobaan pertama obat antidepresan. Dan Huxley secara akurat berhasil memprediksi popularitas obat ini meluas.

 

BRIGHTSIDE| BBC NEWS| DAILY STAR

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments