EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

20 Maret 2018, 12:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Sudah bosan dengan teknik memotret yang begitu-begitu saja? Kamu mungkin tertarik untuk bergabung dengan komunitas fotografi yang satu ini. Komunitas bernama I Light This ini lahir dan berkembang di Jakarta. 

Di antara komunitas fotografi lainnya, kelompok beranggotakan seribu orang ini merupakan pegiat lighting graffiti pertama di Indonesia. Sesuai dengan namanya, mereka berkreasi melukis foto dengan menggunakan cahaya.

Mereka memadukan unsur fotografi dengan light painting di setiap foto yang dihasilkan. Teknik ini dilakukan dengan cara mengubah kecepatan kamera ke mode bulb dan menyetel ISO di angka yang paling rendah.

Secara harfiah, light painting adalah teknik fotografi di mana exposure-nya dibuat dengan menggerakkan sumber cahaya atau menggerakkan kamera. Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh pelukis legendaris asal Spanyol Pablo Picasso, sebelum akhirnya berkembang pesat di Prancis dan Jepang.

Di Indonesia, komunitas ini baru terbentuk pada 2009. Hampir sepuluh tahun berkiprah, I Light This berhasil menjaring sekitar seribu anggota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Tak sekadar senang-senang belaka, komunitas ini terus mengepakkan sayapnya dengan terlibat langsung di pameran-pameran foto dan teknologi. Dari pameran mereka menjaring anggota, memperluas jaringan, dan tentu saja menghasilkan pundi-pundi rezeki.

"Selain menyenangkan, menambah teman, dan memperluas networking, hobi ini juga bisa menghasilkan uang. Sesekali dari beberapa project yang ditawarkan," ujar Philip, salah satu anggota I Like This.

MLD SPOT

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments