hero
Suasana Rapat Paripurna Penutupan Masa Sidang di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu, 14 Februari 2018. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

15 Maret 2018, 11:30 WIB

INDONESIA

Undang-undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau disingkat UU MD3 yang disahkan pada 12 Februari 2018 efektif mulai hari ini, Kamis, 15 Maret 2018 berlaku. Semua pasal di dalam beleid itu sudah dapat dilaksanakan. 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo meminta masyarakat untuk tidak khawatir atas berlakunya undang-undang itu. Khususnya dalam hal mengkritisi anggota dan institusi parlemen yang bisa dipidana.

Ketua DPR Bambang Soesatyo. (ISTIMEWA)

 

BACA JUGA:


"Saya jamin berlakunya UU MD3 tidak memberikan efek negatif terhadap masyarakat," kata Bambang, melalui keterangan tertulisnya. "Saya pastikan siapapun yang mengkritik DPR tidak ada yang dikriminalisasi atau dibawa ke ranah hukum."

Mantan wartawan itu juga menilai masyarakat tentunya sudah tahu dan cerdas dalam menyampaikan aspirasinya untuk DPR. Menurut dia, publik mampu membedakan antara kirtik dan ujaran kebencian.

"DPR menjadi hebat karena diawasi oleh rakyat," ujar Bambang. "Kritik justru sangat diharapkan karena itulah vitamin bagi DPR. Yang tidak boleh adalah menyebarkan ujaran kebencian dan fitnah."

Ilustrasi undang-undang. (ANTARA)

 

Politikus Partai Golkar itu juga mempersilakan kepada masyarakat yang masih tidak puas dengan berlakunya UU MD3 itu mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi. Mahkamah, kata Bambang, nantinya akan memutuskan hasil terbaik.

Sebelumnya, publik mengkritik adanya pasal kriminalisasi yang tertuang dalam UU MD3. Anggota Anggota Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch Almas Sjarfina mengatakan adana pasal itu bukti bahwa anggota parlemen antikritik. 

DPR dianggap melawan semangat demokrasi. Koalisi masyarakat sipil mengajukan gugatan uji materi beleid itu ke Mahkamah Konsitusi.

Presiden Joko Widodo hingga kemarin menolak meneken undang-undang itu. Meski tanpa tanda tangan Presiden, UU tetap berlaku dan dapat dijalankan.

TIM LIPUTAN | MAYFREE SYARI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments