hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

15 Maret 2018, 07:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Buat kamu yang suka main Instagram dan Snapchat, perhatiin enggak kalau sekarang sudah tidak ada stiker GIF di aplikasi tersebut? Fitur itu memang banyak dipakai pengguna sosial media. Tapi pihak Instagram dan Snapchat memilih buat menghapusnya karena menuai kontroversi soal rasisme.

Hal ini terungkap oleh seorang user yang menemukan stiker terkait rasisme. Saat dia mengetik kata crime, stiker GIF yang muncul berupa animasi orang dengan monyet, dengan judul yang mengintimidasi orang kulit hitam. Bahkan disebut kalau jumlahnya terus meningkat.

(Evening Standard)

Pihak Instagram mengaku tengah mengatasi hal ini dengan Giphy, selaku penyedia konten stiker GIF. Giphy sendiri sudah menghapus konten yang berhubungan dengan rasisme dari library mereka.

"Konten seperti itu tidak dapat kami masukkan di Instagram. Kami sudah menghentikan kerjasama dengan Giphy, sementara mereka tengah menginvestigasi masalah ini," jelas Instagram pada TechCrunch.

Hal serupa juga disampaikan oleh pihak Snapchat. "Kami sudah menghapus konten Giphy dari aplikasi kami. Sampai mereka bisa memastikan masalah ini tidak akan terjadi lagi," kata pihak Snapchat.

(Highsnobiety)

Pihak Giphy sendiri menjelaskan kalau stiker rasisme itu muncul karena gangguan atau bug di content filter. Saat ini Giphy sudah menyelesaikan masalah tersebut dan mengatur ulang stiker GIF di library mereka.

"Staf di Giphy juga mereview setiap stiker secara manual dan akan menyelesaikannya dalam waktu singkat. Kejadian ini jadi tanggungjawab kami. Kami juga minta maaf pada semua orang yang tersinggung," jelas pihak Giphy.

Kasus rasisme ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya Snapchat juga pernah bermasalah karena filter yang dinilai mengejek orang Asia. Meski masalah stiker sudah diselesaikan, Instagram dan Snapchat belum bisa memastikan kapan fitur stiker GIF akan muncul lagi di aplikasi mereka.

WORLD OF BUZZ

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments