hero
Power Bank. (PIXABAY)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

13 Maret 2018, 18:00 WIB

INDONESIA

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengeluarkan aturan tentang membawa power bank ke dalam pesawat. Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2018 tentang Ketentuan Membawa Pengisi Baterai Portabel dan Baterai Litium Cadangan pada Pesawat Udara tertanggal 9 Maret 2018.

Apa saja ketentuan yang tertuang dalam surat edaran yang dikeluarkan demi mengutamakan keselamatan dalam penerbangan itu? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

1Power Bank Boleh Dibawa, Asal...

Pengisi baterai portabel (power bank) yang dapat dibawa ke dalam pesawat atau bagasi kabin harus memiliki daya per jam tidak lebih dari 100 Wh.

Ada catatan untuk peralatan dengan daya perjam (watt-hour) antara 100 Wh hingga 160 Wh. Peralatan itu harus melalui persetujuan maskapai.

Sementara, power bank dengan daya lebih dari 160 Wh, tidak bisa masuk ke dalam pesawat.

Power Bank. (PIXABAY)

 

2Tidak Digunakan Selama Penerbangan

Surat Edaran Dirjen Perhubungan Udara mencantumkan power bank atau baterai lithium cadangan yang dibawa ke dalam pesawat, tidak terhubung dengan perangkat elektronik lain. Artinya power bank tidak boleh digunakan saat penerbangan atau tidak melakukan pengisian daya ulang.

3Cara Menghitung Daya Per Jam

Jika tidak terdapat keterangan jumlah daya per jam pada power bank atau baterai lithium cadangan, Kemenhub menguraikan cara menghitungnya.

Caranya dengan mengalikan jumlah tegangan atau voltase (V) dengan jumlah arus atau kapasitas (I). Maka perhitungan daya per jam (Wh) dapat dikalkulasikan dengan rumus: E (Wh) = V (v) x I (Ah).

Power Bank. (PIXABAY) 

Apabila hanya diketahui miliampere (mAh), maka untuk mendapatkan ampere-hour (Ah) harus dibagi 1.0000. Contohnya, jika jumlah voltase 5 V dan jumlah kapasitas 6.000 mAh, maka jumlah daya per jam adalah 6.000 mAh dibagi 1.000, dan didapat hasil 6 Ah.

Untuk mendapatkan daya perjamnya, jumlah voltase 5 V dikalikan dengan jumlah kapasitas 6 Ah, hasilnya 30 Wh. Karena masih di bawah 100 Wh, maka power bank dengan hasil perhitungan masih dapat dibawa dalam penerbangan.

TIM LIPUTAN

17

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments