hero
Mahkamah Agung. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

13 Maret 2018, 11:05 WIB

INDONESIA

Juru bicara Mahkamah Agung Suhadi mengatakan lembaganya  menyayangkan adanya hakim dan juga panitera dalam operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi di Pengadilan Negeri Tangerang. Suhadi menyesali hal itu.

Menurut Suhadi, Mahkamah lagi-lagi kebobolan oleh oknum hakim dan panitera yang melakukan rasuah. "Kami telah berupaya membina hakim atau panitera yang berbuat tidak baik," ujar Suhadi, Selasa, 13 Maret 2018. 

Juru bicara Mahkamah Agung Suhadi. (ANTARA)

 

Suhadi mengaku belum tahu siapa identitas hakim dan juga panitera yang dicokok Komisi semalam. Dia mengklaim masih menantikan informasi dari KPK atas hal itu.

Namun menurut Suhari, operasi tangkap tangan itu terjadi pada Senin, 12 Maret 2018 sekitar pukul 16.00 WIB. Suhadi mengatakan atas informasi yang didapatnya, ada dua orang yang ditangkap KPK.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan dalam operasi tangkap tangan semalam, institusinya menangkap tujuh orang. "Unsur yang kami amankan ada hakim, panitera, penasehat hukum, dan swasta," ujar Febri.

Juru bicara KPK Febri Diansyah. (NET)

 

Komisi kini sedang memeriksa mereka yang ditangkap untuk kemudian ditentukan status hukumnya. Penangkapan di PN Tangerang menambah daftar panjang kasus rasuah yang melibatkan lembaga pengadil.

Pada September 2017, Komisi menangkap hakim anggota Pengadilan Negeri Tipikor Bengkulu Dewi Suryana, panitera pengganti di PN Tipikor Bengkulu Hendra Kurniawan dan seorang pegawai negeri sipil Syuhadatul.

Ketiganya ditangkap untuk mengamankan sebuah perkara yang tengah bergulir di PN Tipikor Bengkulu. Kini ketiga orang itu mendekam di balik jeruji besi.

JANUAR YUDHA | ANAN SURYANA

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments