hero
Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan ruang terbuka hijau (RTH) Kalijodo, di Jakarta. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

7 Maret 2018, 13:20 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan meneruskan pembangunan  ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) di tahun 2019. Kepala Dinas Perumahan DKI Agustino Darmawan mengatakan alasannya karena keterbatasan ketersediaan lahan.

"Kalau tahun ini selesai semua di 47 lokasi, kalau tahun 2019 sebetulnya bukan tidak anggaran," kata Agustino, di kantornya. Rabu, 7 Maret 2018. "Kami punya hambatan mencari lahan di lokasi permukiman."

RPTRA di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan. (ANTARA)

 

Menurut Agustino, mencari lahan seluas 500 meter per segi untuk dibangun RPTRA di tengah permukiman ibu kota yang padat sangat sulit. Menurut dia, tidak semua lahan yang dijadikan taman bermain itu milik pemerintah Jakarta.

"Ada juga lahan Dinas Kehutanan, lahan Dinas Pendidikan dan lahan lain yang kami manfaatkan," ujar dia. "Persyaratan itu tidak mudah."

Agustino juga menilai institusinya tak mungkin membebaskan lahan yang sudah ditempati warga. "Apalagi  tiap kelurahan itu lahanya permukiman, ujungnya pahit. Selama ini saya menghindari pembebasan lahan karena masalah sosial."

Seorang anak bermain di salah satu RPTRA di kawasan Jakarta Selatan. (ANTARA)

 

Meski demikian, Agustino mengatakan anggaran untuk pemeliharaan RPTRA yang sudah dibangun tetap tersedia untuk tahun 2019.  Dia juga mempersilakan kepada pihak swasta yang ingin membangun taman kota dari hibah lahan.

Program pembangunan RPTRA merupakan gagasan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dulu, Ahok menargetkan pembagunan ruang publik bersama itu berada di tengah permukiman warga.

Saat ini, telah ada 290 RPTRA yang dibangun dan diresmikan. Di tahun ini, Pemprov DKI menargektkan 47 pembangunan ruang publik terpadu ramah anak itu.

CINDY MELODY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments