Siapa sih yang belum kenal keindahan alam Gunung Bromo? Gunung yang ada di Provinsi Jawa Timur ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata alam yang hits di kalangan milenial sejak beberapa tahun lalu. Diiringi terbitnya matahari pagi, kepulan asap putih tipis menyembul dari kawah gunung yang memiliki ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut ini.

Namun, melihat keindahan Gunung Bromo, jangan hanya tertuju pada kawahnya saja. Salah satu spot yang juga cukup menarik perhatian adalah savana atau padang rumput, yang berada di sisi timur gunungnya.

Savana dipenuhi dengan tumbuhan ilalang yang tumbuh sepanjang padang rumput membentang. Padang rumput ini memiliki luas ratusan hektar dengan berbagai jenis tanaman. Mulai dari pakis, ilalang, dan tanaman perdu lainnya.

Enggak jarang lokasi yang oleh penduduk setempat disebut sebagai "lembah jemplang" ini dijadikan objek untuk pengambilan film atau video klip. Namun, satu hal yang harus diperhatikan ketika berada di tempat ini. Yakni, dilarang menyalakan api karena dikhawatirkan bisa menimbulkan kebakaran yang menyebar luas.

Selain itu, semua kendaraan dilarang keras masuk ke areal padang rumput. Selain melanggar undang-undang konservasi, kendaraan yangmasuk ke tempat ini bisa merusak pertumbuhan rumput ilalang.

Keindahan padang savana dengan warna hijau yang mempesona dijamin membuat mata terasa teduh. Rasa penat akibat kesibukan sehari-hari langsung hilang melihat panorama ini.

Kawasan wisata ini juga dikelola dan dijaga ketat kelestarian ekosistemnya oleh sejumlah pihak. Seperti balai besar Taman Nasional Bromo Tengger, pemerintah desa dan kecamatan, pelaku wisata hingga para aktivis pecinta alam.

Kalau kamu menyambangi Gunung Bromo dan padang rumput savananya, jangan lupa patuhi aturan dan jaga lingkungan sekitar juga, ya. Hanya dengan begitu kecantikan tempat ini bisa terus menerus dilihat banyak orang.

 

 

NET.CJ PUJI ANUGERAH LEKSONO

5

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments