hero
Siaga kebakaran hutan. (BNPB)

EDITOR : REZA ADITYA

21 Februari 2018, 11:20 WIB

INDONESIA

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengumumkan ada empat provinsi yang menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan. Penetapan status itu sehubungan dengan ancaman kebakaran hutan yang terus meningkat.

"Untuk mengantisipasi itu, maka Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah menetapkan status siaga darurat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Rabu, 21 Februari 2018.

Antisipasi kebakaran hutan. (BNPB)

 

Sutopo mengatakan status siaga darurat di Sumatera Selatan diberlakukan sejak awal Februari sampai dengan Oktober 2018. Di Riau status siaga ditetapkan sejak 19 Februari hingga 31 Mei 2018.

Kalimantan Barat menetapkan status siaga darurat sejak Februari sampai dengan Desember 2018. Terakhir Kalimantan Tengah memberlakukan status siaga darurat dari 20 Februari sampai dengan 21 Mei 2018.

"Gubernur menetapkan status siaga darurat berdasarkan pertimbangan ditetapkannya beberapa kabupaten/kota di wilayahnya ada peningkatan jumlah titik panas," kata Sutopo.

Antisipasi kebakaran hutan. (BNPB)

 

Sutopo mengatakan dengan diberlakukannya siaga darurat di empat provinsi itu, ada kemudahan akses dalam penanganan kebakaran hutan. "Baik pengerahan personel, komando, logistik, anggaran dan dukungan pemerintah pusat."

Jumlah titik panas terus meningkat dalam sepekan terakhir. Pantauan melalui satelit Aqua Terra ada 90 hotspot di Indonesia. Titik panas itu tersebar di berbagai daerah. Paling banyak di empat provinsi yang sudah menetapkan status siaga darurat itu.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments