hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

21 Februari 2018, 14:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Presiden Joko Widodo kini resmi memiliki deluxe box set Metallica berjudul "Master of Puppets". Rasa gembira itu diungkapkan Presiden Jokowi di akun Facebook-nya.

"Alhamdulillah, saya akhirnya memiliki album Metallica berjudul Master of Puppets, dengan tanda tangan Lars Ulrich di atasnya," tulis Presiden Jokowi, Rabu, 21 Februari 2018.

Barang pemberian Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen itu bukan lagi termasuk dalam kategori gratifikasi. Presiden Jokowi menebus barang tersebut ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Saya menerimanya sebagai cenderamata dari Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rassmussen yang datang ke Indonesia pada akhir bulan November 2017 lalu. Semula album ini menjadi milik negara, tapi kemudian sesuai aturan, saya menebusnya di KPK," sambung Presiden.

Juru Bicara KPK mengatakan, album musik itu sebenarnya telah dilaporkan Presiden Jokowi pada 7 Desember 2017 lalu. Album piringan hitam itu kemudian ditetapkan menjadi milik negara melalui SK No.219 Tahun 2018 tanggal 31 Januari 2018.

Presiden Jokowi menerima piringan hitam album Metallica "Master of Puppets" dari PM Denmark, November 2017 silam. (ISTIMEWA)

Dalam perjalanannya, Presiden Jokowi kemudian menebus barang tersebut dengan uang pengganti senilai Rp 11.079.019. Hal ini mengacu pada Peraturan KPK Nomor 6 Tahun 2015. Pasal 12 ayat 6 menjelaskan bahwa KPK dapat meminta penerima gratifikasi untuk menyerahkan uang sebagai kompensasi atas barang yang diterimanya.

"Kami apresiasi pelaporan gratifikasi yang dilakukan tersebut. Ini adalah contoh positif yang sepatutnya diikuti oleh seluruh pegawai negeri dan penyelenggaraan negara," kata Febri Diansyah, Selasa, 20 Februari 2018.

Sebelumnya, buah tangan piringan hitam Metallica itu dibawa PM Denmark Lars Lokke Rasmussen saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor, 28 November 2017 silam. Presiden Jokowi diketahui memang menggemari band metal yang digawangi James Hetfield, Lars Ulrich, Kirk Hammett dan Robert Trujillo tersebut.

Presiden Jokowi dan PM Denmark Lars Lokke Rasmussen memperlihatkan piringan hitam band Metallica di Istana Bogor. (ANTARA/Rosa Panggabean)

Kala itu, Presiden terlihat sumringah saat menerima cenderamata dari Rasmussen. Apalagi, album eksklusif itu ditandatangani langsung oleh drummer Metallica, Lars Ulrich.

"PM Lars ini tahu kesukaan saya, Metallica," kata Presiden Jokowi sambil tersenyum.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments