hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

18 Februari 2018, 15:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno geram dengan kelakuan sekelompok suporter yang merusak fasilitas Stadion Utama Gelora Bung Karno. Aksi beringas yang merusak pagar pembatas dan menjebol pintu masuk itu terjadi pada laga final Piala Presiden 2018, Sabtu malam.

"Menurut saya kalau stadion bertaraf internasional tapi kelakuannya masih kelakuan tarkam, ya nggak akan menyelesaikan masalah," kata Sandiaga di Balai Kota DKI, Minggu, 18 Desember 2018.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota DKI, Minggu, 18 Februari 2018. (NET/Alfa Reza)

Sandi mengatakan, padahal final antara Persija Jakarta versus Bali United telah menunjukkan permainan baik dan menghibur. Sandi bangga kualitas permainan tersebut dihadirkan di stadion berkualitas internasional.

"Stadionnya bertaraf internasional, permainannya bertaraf internasional. Kita lihat bagaimana Super Simic dengan ciamik menciptakan gol dengan tandukan dan tendangan 'sepeda rusak', buat saya itu entertainment sekali," kata dia.

"Sportainment at it's best, dan juga gol ketiganya luar biasa. Saya larut di sana," sambung Sandi bersemangat.

Marco Simic melakukan tendangan salto saat membobol gawang Bali United pada pertandingan final Piala Presiden. (ANTARA/Wahyu Putro A)

Namun, lanjut Sandi, aksi memukau dan atmosfer stadion yang sudah bagus itu ternoda oleh kelakuan negatif sejumlah suporter.

Sandi meminta komunitas suporter untuk mendata anggotanya yang tertangkap CCTV merusak fasilitas SUGBK. "Diberi sanksi oleh komunitasnya sendiri, setelah itu mungkin dilaporkan ke pihak berwajib untuk ditindaklanjuti," ujar Sandi.

Saat ini Sandi sudah berkoordinasi dengan pengelola SUGBK untuk memperbaiki kerusakan.

Petugas melihat kondisi pagar pintu masuk yang rusak di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu pagi. (ANTARA /Muhammad Adimaja)

Sebelumnya, tayangan rekaman CCTV kerusuhan suporter dalam laga Piala Presiden menjadi viral di berbagai media sosial. Dalam rekaman tersebut, para suporter merangsek masuk melalui pintu D Stadion Gelora Bung Karno.

Kerusuhan para suporter itu menyebabkan gerbang otomatis di pintu masuk tersebut rusak. Sejumlah petugas keamanan yang berada di sekitar lokasi tak kuasas menertibkan para suporter. 

Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPK GBK) Winarto memeriksa kondisi pagar pembatas lapangan yang rusak di Stadion Utama GBK. (ANTARA/Muhammad Adimaja)

BACA JUGA:
Aksi Brutal Suporter Piala Presiden Rusak GBK
Potret Juara Persija Jakarta, Jawara Piala Presiden

Sementara di dalam lapangan, beberapa suporter merusak pagar pembatas. Aksi ini terjadi usai laga yang dimenangi Persija Jakarta tersebut.

ESTHER CRAMER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments