hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

18 Februari 2018, 12:55 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Sejumlah suporter bola dalam laga final Piala Presiden merangsek masuk melalui pintu 5 Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu, 17 Februari 2018. Sejumlah petugas keamanan kewalahan menertibkan para suporter.

Keberingasan suporter itu terekam CCTV dan viral di media sosial. Akibatnya salah satu pintu masuk stadion itu rusak.

Tidak hanya sekadar menjebol pintu, suporter juga merubuhkan pagar pembatas lapangan. Aksi ini tak lama setelah pertandingan Persija Jakarta versus Bali United tuntas.

Laga yang berakhir 3-0 untuk kemenangan Persija itu memang menyisakan kerusakan di beberapa lokasi. Termasuk, taman dan tanaman di bagian luar stadion.

BACA JUGA: Potret Juara Persija Jakarta, Jawara Piala Presiden

Aksi suporter yang merusak pagar pembatas SUGBK saat final Piala Presiden 2018. (ISTIMEWA)

Aksi suporter ini terjadi hanya sekitar satu bulan setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno diresmikan Presiden Joko Widodo. GBK direnovasi untuk Asian Games 2018. Renovasi selama 16 bulan itu menghabiskan biaya Rp 770 miliar.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan prihatin atas kerusuhan suporter tersebut.

"Tadi dilaporkan kejadian yang terekam CCTV dan juga sudah beredar foto-fotonya bahwa sebagian kecil dari teman-teman Jakmania yang menodai, jadi saya mengatakan perihatin sekali," kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Minggu, 18 Februari 2018.

Taman di bagian luar stadion juga rusak. (ISTIMEWA)

Sandi akan berkoordinasi dengan pengelola SUGBK untuk memperbaiki kerusakan di stadion. Ia juga minta yang merusak diberikan sanksi.

"Saya meminta bahwa (oknum) yang tertangkap di CCTV itu disebarkan oleh Jakmania kepada masyarakat dan diberi sanksi khusus. Untuk Jakmanianya mereka memberikan sanksi sendiri kepada anggotanya yang tidak disiplin. Itu mekanisme yang menurut saya lebih tepat, bekerja sama nanti dengan aparat tentunya," ujar Sandi.

ESTHER CRAMER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments