hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

15 Februari 2018, 17:05 WIB

FILIPINA

Bagi sebagian orang, menghafal ayat suci Alquran mungkin jadi hal sulit dan memakan waktu cukup lama. Tapi seorang santri bernama Ayman Sobo di Darul Ferdauz Darul Yatem, Filipina berhasil menghapal seluruh ayat Alquran dalam kurun waktu lima bulan.

Ayman sendiri adalah satu dari 17 anak yatim yang mendapatkan beasiswa dari masyarakat Indonesia di sana. Gerakan ini bermula saat beberapa jemaah Masjid At Taqwa di KBRI Manila sedang mencari cara untuk menyalurkan infaq mereka.

"Iya, Ayman menghabiskan waktu sekitar lima bulan untuk bisa menghafal Al Qur'an," ujar Kusman Iskandar selaku pengurus Masjid At Taqwa saat ditemui pada 5  2017.

Ayman Sobo bersama teman-temannya. (NET.CJ/Khairil Hanan Lubis)

Sebagian anak-anak yang mendapatkan bantuan dari gerakan ini, berasal dari kawasan Maharlika yang merupakan salah satu pemukiman Muslim di Manila. Dan sisanya merupakan anak-anak yang kehilangan orang tuanya akibat perang di Marawi, Filipina Selatan.

"Targetnya kita memberikan beasiswa full sampai mereka lulus dari maddrasah. Biasanya dalam waktu sebulan, kita memberikan bantuan sebesar 3 ribu peso tiap anak, jadi total untuk bisa membantu semua anak-anak disini kita menyumbangkan 51 ribu peso tiap bulan." papar Muhammad Ramadhan.

Gerakan ini sendiri telah berjalan selama delapan bulan. Harapannya, dengan semakin banyak warga Indonesia di Manila, semakin bertambah juga anak-anak yatim yang mendapat beasiswa.

NET.CJ KHAIRIL HANAN LUBIS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments