hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

12 Februari 2018, 16:05 WIB

INDONESIA

Dalam industri perfilman, pasti setiap film maker ingin agar film yang digarapnya bisa sukses di pasaran. Maka dari itu semua hal harus diperhatikan secara matang agar hasilnya maksimal. Mulai dari pemilihan aktor dan aktris, tema cerita, sampai hal-hal terkecil sekalipun. 

Salah satu indikator sebuah film dapat dikatakan sukses adalah jika film tersebut berhasil ditonton oleh banyak orang. Seperti film-film berikut yang sukses menyedot jutaan pasang mata di Tanah Air. 

Pengabdi Setan.

Sejak penayangannya pada September 2017, film karya Joko Anwar ini berhasil menarik jumlah penonton hingga lebih dari 4,2 juta orang. Tidak hanya itu, film 'Pengabdi Setan' juga masuk dalam 13 nominasi di Festival Film Indonesia. 

Film yang dibintangi oleh Tara Basro, Ayu Laksmi, Bront Palarae, dan lainnya ini mampu memberikan kesan yang baik bagi para penontonnya. Lalu bagaimana tanggapan Joko Anwar selaku sutradara film ini? 

"Dinilai berhasil atau tidak sesuai dari intention pembuatannya. Kalau sebuah film dibuat untuk menggaet jumlah penonton yang banyak, kalau penontonnya banyak berarti berhasil. Ada juga film yang dibuat untuk mendobrak batas-batas estetika. Kalau filmnya berhasil masuk penghargaan bergengsi berarti berhasil," kata Joko Anwar.

"Penonton itu kalau diikutsertakan dalam campaign, mereka akan merasa ini film kita bareng-bareng. Kalau ini film kita, kamu harus nonton ya itu kan kayak konsumen biasa aja. Kalau enggak ada bantuan dari orang-orang, ya enggak bakal berhasil ya," tambahnya saat ditemui oleh tim NET Entertainment News. 

Cek Toko Sebelah.

Ernest Prakasa dalam film 'Cek Toko Sebelah'. (YOUTUBE/StarvisionPlus)

Selain kesuksesan film 'Pengabdi Setan,' ada juga film karya Ernest Prakarsa yang berjudul 'Cek Toko Sebelah'. Film komedi ini menceritakan tentang Erwin yang diperankan oleh Ernest yang sedang kebingungan memilih antara karir atau toko sembako yang diwariskan oleh ayahnya. 

Film ini bisa dikatakan sukses karena masuk dalam 9 kategori di Festival Film Indonesia 2017. Menanggapi hal tersebut, Ernest pun memberikan tanggapannya tentang bagaimana sebuah karya dapat sukses. 

"Kunci suksesnya menurut gue sih fokus. Biasanya gue itu kalau ngerjain satu pekerjaan dalam satu waktu,  artinya kayak satu film tuh setahun. Terus kalau lagi ngerjain satu project, enggak dibarengin sama project lain. Biasanya gitu karena kalau dipecah-pecah konsentrasinya biasanya hasilnya enggak maksimal. Jadi dengan me-manage pekerjaan yang tidak terlalu banyak tapi bisa fokus, berdasarkan pengalaman sih hasilnya bisa maksimal," ujar Ernest. 

E NEWS 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments