hero
Petugas kepolisian melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kasus penyerangan di Gereja Katholik St Lidwina, Ahad, 11 Februari 2018. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

12 Februari 2018, 16:05 WIB

INDONESIA

Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian mengungkap singkat sepak terjang Suliono, penyerang Gereja Santa Lidwina Sleman, Yogyakarta. Menurut Tito, Suliono terindikasi memiliki paham radikal.

"Dia berasal dari Banyuwangi, pernah di Sulawesi Tengah, pernah di Poso, Magelang, dan ada indikasi kuat yang bersangkutan terkena paham radikal," kata Tito, di kantornya, Senin, 12 Februari 2018. 

Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (ANTARA)

 

BACA JUGA:

Tito mengatakan berdasarkan catatan dari kepolisian, Suliono pernah berusaha membuat paspor untuk berangkat ke Suriah. "Tapi tidak berhasil, akhirnya dia melakukan amaliyah untuk menyerang dalam tanda petik orang kafir dalam versi dia."

Mantan Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya itu tak ingin berspekulasi lebih lanjut terkait jaringan kelompok teroris di belakang Suliono. Menurut Tito, saat ini anak buahnya sedang memeriksa pelaku yang membuat onar dan mengancam konflik SARA itu.

Pelaku penyerangan gereja dilumpuhkan polisi. (NET)

"Polri tidak ingin berspekulasi tetang apa mungkin ada motif design apapun juga," ujar Tito. "Dihubung-hubungkan dikatikan kemudian timbul spekulasi yang mencari dengan versi masing-masing akhirnya menimbulkan keresahan."

Menurut Tito, timnya kini sedang berupaya membuat Suliono yang kondisinya kritis menjadi sembuh. Setelah pulih, pelaku akan dikorek informasinya.'

"Tapi di samping itu, Densus 88 dan jajaran intelijen sudah turun ke sana, dari markas besar kerjasama dengan Polda DIY untuk mendalami siapa saudara Suliono ini."

NABILLA PUTERI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments