hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

11 Februari 2018, 09:05 WIB

KAB. PEKALONGAN, INDONESIA

Menjadi penyandang disabilitas bukan berarti tidak memiliki bakat. Bahkan, banyak penyandang disabilitas yang terkenal karena mendalami hobinya.

Salah satunya adalah seorang gadis asal Pekalongan, Jawa Tengah bernama Windi Setyonongsih. Windi belakangan ini ramai dibicarakan oleh netizen di media sosial karena kemampuannya menggambar berbagai macam busana perempuan.

Windi sedang menggambar. (NET/Triyono Saifulloh)

Saat ditemui oleh tim liputan NET pada 28 Januari lalu, Windi mengaku sudah hobi menggambar sejak kecil. Hobi tersebut muncul setelah ia putus sekolah saat duduk di bangku kelas 4 SD. Gadis berusia 23 tahun ini tidak melanjutkan sekolah karena kerap dibully dan dianggap tidak mampu mengikuti pelajaran.

Awalnya Windi menggambar di sembarang kertas bahkan dibuku sekolah milik adiknya. Namun pada tahun 2016, ada seorang pria yang memberikan buku sketsa dan peralatan untuk menggambar.

Windi sendiri hidup dalam kelurga yang juga memiliki keterbatasan ekonomi. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, Windi kerap membantu ibunya bekerja sebagai burih lipat perban kassa di rumah. Sedangkan ayah Windi sendiri bekerja sebagai buruh sablon di desanya.

Hasil gambar Windi. (NET/Triyono Saifulloh)

Meski memiliki kondisi serba terbatas, Windi dan keluarga tak lantas putus asa. Mereka terus berjuang untuk bisa mendapatkan penghasilan demi memenuhi kehidupan sehari-hari.

"Windi sehari-hari kerjanya bantu orang tua. Biasanya dia bantu mencuci baju, melipat perban dan pekerjaan rumah lainnya," kata ayah Windi. 

Kemampuan Windi dalam menggambar didapatkannya secara otodidak. Ia tidak pernah mengikuti kursus desai sama sekali. Windi mengaku banyak mendapatkan inspirasi dari tayangan di televisi.

"Belajar sendiri. Inspirasi dari televisi. Cita-cita ingin jadi desainer." ujar Windi.

Hasil gambar Windi. (NET/Triyono Saifulloh)

Meski belajar secara otodidak, hasil karya Windi tak kalah dengan rancangan desainer yang mengenyam pendidikan formal. Bahkan desain yang dibuat Windi memiliki gambar yang lebih tajam dan detail. Selain itu rancangan sketsanya juga memiliki motif yang indah.

Berkat kemampuannya tersebut, Windi mendapatkan tawaran beasiswa untuk bersekolah di sekolah desainer yang ada di Kota Bandung dan Jakarta. Ia juga bahkan berhasil bertemu dengan salah satu desainer idolanya, Ivan Gunawan. 

TRIYONO SAIFULLOH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments