hero
Reruntuhan bangunan akibat gempa di Taiwan, Selasa, 6 Februari 2018. (USA TODAY)

EDITOR : REZA ADITYA

7 Februari 2018, 11:20 WIB

TAIWAN

Empat orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka akibat musibah gempa mengguncang Hualien, Taiwan pada Selasa, 6 Februari 2018. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menginstruksikan seluruh jajarannya evakuasi warga yang terjebak di reruntuhan bangunan.

"Petugas penyelamat agar tetap fokus pada penyelamatan korban yang tertimbun reruntuhan," kata Tsai, seperti dilansir ABCNews, Rabu, 7 Februari 2018.  "Ini saatnya orang Taiwan menunjukkan ketahanan dan cinta terhadap sesama."

Jalanan retak dampak gempa di Taiwan, Selasa, 6 Februari 2018. (The Guardian /Twitter)

 

BACA JUGA:

Gempa tersebut berkekuatan 6,4 skala richter. Pusat lindu berada di 22 kilometer timur laut Hualien. Pergeseran lempeng bumi itu berada di kedalaman 1 kilometer.

Lindu menyebabkan beberapa bangunan di Hualien roboh. Beberapa gedung yang disorot warganet adalah Hotel Marshal. Musababnya, penginapan 11 lantai itu bangunannya patah dan miring.

Goncangan gempa juga menyebabkan jalanan di Hualien retak. Badan Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan menyebut aliran listrik dan air yang didistribusikan ke ribuan rumah di kabupaten itu mati total.

Bangunan miring akibat gempa di Taiwan, Selasa, 6 Februari 2018. (USA TODAY)

 

Aktivitas di Hualian diprediksi akan lumpuh dalam beberapa hari ke depan. Petugas saat ini sedang mengevakuasi korban yang masih terjebak di dalam reruntuhan bangunan. Diperkirakan masih ada 140 orang hilang akibat insiden itu.

Hualian merupakan sebuah kabupaten yang letaknya di sebelah Taiwan bagian timur. Luas daerah itu hanya 4.629 kilometer per segi dan dihuni 333 ribu jiwa. Tempat itu merupakan kawasan wisata yang dikenal dengan Kota Seribu Terowongan.

CNN | ABC |

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments