hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

7 Februari 2018, 17:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kaum penyandang cacat atau difabel sering dipandang sebelah mata karena keterbatasan fisik mereka. Tapi Muhammad Rubby Emir Fahriza justru berpikir sebaliknya. Ia menganggap kaum difabel punya potensi yang sama dengan manusia normal lain.

Atas dasar keyakinan itu, Emir dan rekannya Tety Nurhayati Sianipar mendirikan aplikasi bernama Kerjabilitas pada 2014 lalu. Tujuannya agar kaum difabel bisa terhubung dengan perusahaan penyedia lapangan kerja.

“Di Indonesia, stigmanya masih kencang kalau difabel tidak mampu bekerja. Jadi tantangannya itu membuat masyarakat paham kalau difabel bisa bekerja,” jelas Rubby Emir.

Portal Kerjabilitas memiliki fitur khusus di bagian profil. Dengan begitu, penyandang disabilitas bisa menjelaskan keterbatan pada tubuhnya. Sementara perusahaan juga memberi detail pekerjaan dan berusaha mengakomodasi kebutuhan di tempat kerja, agar sesuai dengan kondisi fisik pekerja difabel.

(Indonesia Morning Show)

Kehadiran Kerjabilitas dinilai membuka banyak peluang bagi penyandang disabilitas yang mencapai 12,15% dari total penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 260 juta lebih. Dwi Nur Septianto contohnya. Ia adalah difabel yang bekerja di L’oreal Indonesia.

“Saya ingin menunjukkan kalau difabel punya kualitas seperti manusia umum. Bahkan dengan kondisi fisik yang terbatas, kita bisa mengerjakan pekerjaan seperti orang normal,” cerita Dwi.

Saat ini Kerjabilitas sudah bermitra dengan berbagai perusahaan, baik BUMN atau di sektor swasta. Banyak penyandang difabel yang menjadi bagian dari perusahaan tersebut dan membaur dengan pekerja normal.

Tapi menurut Rubby, perjalanan Kerjabilitas dalam membantu kaum difabel masih panjang. Salah satu kuncinya dengan mensosialisasikan kondisi disabiltas agar bisa diterima secara luas di masyarakat. Ke depannya, lewat aplikasi ini, Rubby berharap bisa mengurangi angka pengangguran kaum difabel hingga 20%.

INDONESIA MORNING SHOW

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments