hero
Bendera Korea Utara yang berkibar bersama bendera negara peserta Olimpiade Musim Dingin 2018. (YONHAP)

EDITOR : REZA ADITYA

2 Februari 2018, 14:25 WIB

KOREA UTARA

Pemerintah Korea Selatan membolehkan pengibaran bendera Korea Utara di Kota  Gangneung. Bendera Negeri Juche dengan kombinasi warna biru, putih, dan merah itu membentang di antara panji negara peserta Olimpiade Musim Dingin 2018.

Berkibarnya bendera Korea Utara menandakan keikutsertaan negara yang dipimpin Kim Jong-un itu di ajang olahraga internasional. Korea Utara mengirimkan 22 atlet yang akan berlaga di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018.

Bendera Korea Utara yang berkibar di antara bendera peserta Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan. (AP)

 

BACA JUGA:

Bendera Korea Utara dikibarkan beberapa jam sebelum delegasi Korea Utara tiba di Yangyang, Korea Selatan pada Kamis, 1 Februari 2018. Sebanyak 32 orang, termasuk atlet dan pelatih negeri nuklir itu didampingi pengawalan ketat petugas keamanan.

"Pengawal kehormatan militer Korea Selatan akan dimobilisasi untuk acara itu," kata Juru Bicara Komite Pelaksana Olimpiade Lee Ji-hye, Jumat, 2 Februari 2018. "Relawan sipil kami tugaskan untuk penertiban delegasi Korea Utara."

Sejatinya, Pemerintah Korea Selatan melarang pengibaran bendera Korea Utara. Larangan itu tertuang dalam Undang-Undang Anti-Pyongyang. 

Bendera Korea Utara berkibar di Korea Selatan. (AP)

 

Perang dua saudara yang berkecamuk pada tahun 1950-1953 itu hanya diakhiri dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai. Itu sebabnya, dua negara hingga saat ini masih bersitegang.

Momentum Olimpiade Musim Dingin 2018 yang akan berlangsung bulan Februari ini di Pyeongchang diharapkan bisa membuat adem hubungan dua negara. Pembukaan Olimpiade pada 9 Februari nanti, dua Korea itu akan bersatu dalam bendera unifikasi.

SBS | YONHAP | NYPOST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments