hero
(NET)

EDITOR : REZA ADITYA

1 Februari 2018, 12:00 WIB

JAMBI, INDONESIA

Komisi Pemberantasan Korupsi menggeledah rumah dinas Gubernur Jambi Zumi Zola. Penggeledahan dilakukan pada Rabu, 31 Januari 2018 kemarin. Penyidik Komisi mengacak-ngacak rumah mantan selebriti itu selama kurang lebih enam jam.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Saut Situmorang mengatakan penggeledahan itu menandai akan ada tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi 2018.

Kondisi saat rumah dinas Gubernur Jambi Zumi Zola digeledah KPK. (NET)

 

BACA JUGA:

"Pokoknya ada perkembangan yang signifikan," kata Saut di kantornya, Rabu, 31 Januari 2018. "Untuk kemudian itu akan kami umumkan beberapa hari ke depan."

Saut belum mau menjelaskan siapa yang  menjadi tersangka baru dalam kasus itu. Saat ditanya ihwal status Zumi Zola tersangka dalam kasus itu, mantan staf ahli Kepala Badan Intelijen Negara itu hanya tersenyum.

"Iya kalau dia sudah sampai normatifnya di tahap penggeledahan itu sudah...," Saut tak ingin menjelaskan. "Ya sudah kamu jawab sendiri itu nanti kami umumkan ya."

Polisi berjaga saat rumah dinas Gubernur Jambi Zumi Zola digeledah KPK. (NET)

 

Pada November 2017, Komisi menangkap tangan empat orang yang diyakini sedang transaksi suap. Keempat orang itu adalah anggota DPRD Jambi Supriyono; Plt Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik; Plt Kadis PUPR Jambi Arfan.

Orang terakhir adalah asisten III Bidang Administrasi ata‎u bagian umum Pemprov Jambi, Saifudin. Dalam operasi tangkap tangan itu, KPK menemukan duit senilai Rp 4,7 miliar.

Gubernur Jambi Zumi Zola bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat, 5 Januari 2018. (ANTARA)

 

Duit itu diyakini akan diberikan kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk memuluskan proses pengesahan APBD. Komisi langsung menjebloskan empat orang itu ke dalam bui.

Untuk mengembangkan perkara itu, Komisi kemudian memeriksa sejumlah saksi. Di antaranya adalah Gubernur Jambi Zumi Zola. Zumi diperiksa sebagai saksi di Gedung KPK pada awal Januari kemarin.

BIMA PRATAMA | SIGIT WICAKSONO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments