hero
Penumpang menurun bus Transjakarta Tanah Abang Explorer di Tanah Abang, Jakarta, Selasa (26/12). Tanah Abang Explorer disediakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna memudahkan mobilitas warga dan pej

EDITOR : REZA ADITYA

30 Januari 2018, 11:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan Direktur PT Transportasi Jakarta menyetop operasional Tanah Abang Explorer. Mulai hari ini, Selasa, 30 Januari 2018, bus yang melayani rute sekitar Pasar Tanah Abang itu tidak lagi bisa ditumpangi.

"Dan saya berharap kepada semua pihak, lihatlah in sebagai sebuah cara untuk menyelesaikan problem di tempat itu," kata Anies, di kantornya. "Jadi harapannya jangan dipolitisasi karena ini Insya Allah untuk kebaikan semuanya."

Penumpang menaiki bus Transjakarta Tanah Abang Explorer di Tanah Abang, Desember 2017. (ANTARA)

 

BACA JUGA:

Penyetopan operasional atas desakan dari ratusan sopir angkutan kota yang melintasi di kawasan pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara itu. Senin kemarin, pengemudi angkot itu mogok dan menuntut Pemprov DKI tak lagi mengoperasikan Explorer.

Alasan ratusan pengemudi angkot itu sederhana: penghidupan mereka terancam dengan adanya bus gratis yang melayani warga Jakarta itu. Mendengar keluhan sopir, Dinas Perhubungan DKI mengalah.

Sopir angkutan kota memegang poster saat menggelar unjuk rasa di kawasan Jatibaru, Jakarta, Senin, 29 Januari 2018. (ANTARA)

Gubernur Anies langsung mengeluarkan kebijakan penghentian operasional bus Tanah Abang Explorer. Bus itu beroperasi sejak 22 Desember 2017.

Bus itu sedianya disediakan Pemprov DKI sebagai sarana transportasi warga yang hendak lalu lalang di Tanah Abang. Dalam seharinya, moda transportasi itu disediakan sebanyak 15 unit.

Jam operasionalnya sejak pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Per harinya, bus itu mengangkut sebanyak 13.000 penumpang. Setelah Explorer dihentikan, dikhawatirkan angkot akan kembali merajai kawasan Pasar Tanah Abang.

SYARIFAH RAHMA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments