hero
(YOUTUBE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

19 Januari 2018, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Salah satu pengalaman menyenangkan dari pelesiran ke luar negeri adalah menikmati makanan lokalnya. Setiap negara pasti punya kuliner khas dan otentik dengan cita rasa yang berbeda dengan makanan negara asal kamu.

Enggak harus selalu mahal kok. Karena biasanya justru makananan pinggir jalan lah yang paling merepresentasikan kuliner khas seperti berikut ini.

1Masala dosa di India

Masala dosa yang otentik biasanya dibuat dengan nasi, garam, minyak sayur, dan cabe hijau. Selain itu terdapat pula daun kari, biji mustard, biji fenugreek, kentang, bawang merah, dan kunyit. Sausnya yang beragam dan bercita rasa penuh rempah, menjadi ciri utama kuliner India ini. 

2Doner Kebab di Turki

Bahan kebab yang utama adalah irisan daging domba, daging sapi, atau ayam, yang dipanggang perlahan di atas putaran vertikal. Kebab pertama kali diperkenalkan para imigran Turki di Jerman pada tahun 1970-an. Dan sejak itu menjadi makanan pinggir jalan yang sangat populer. 

3Currywurst di Jerman

Jajanan pinggir jalan ini terdiri dari sosis yang dipanggang, dipotong kecil, lalu disirami saus tomat dan bubuk kari di atasnya. Makanan ini awalnya terkenal di kalangan pekerja bangunan, namun kini kamu bisa menemukannya di setiap sudut kota di Jerman.

4Pad Thai di Thailand

Pada dasarnya pad thai adalah bihun goreng yang ditumis dengan tahu, telur, saus ikan, udang kering, bawang putih, bubur asam, gula aren, dan cabai. Serta disajikan dengan irisan jeruk nipis dan kacang panggang cincang.

Pad thai muncul pada masa Perang Dunia II. Di mana Thailand mengalami krisis beras sehingga warga disarankan untuk menggantinya dengan mi.

8Pirozhki di Rusia

Pirozhki merupakan versi kecil dari pie yang selalu ada di setiap perayaan makan besar warga Rusia. Pie kecil berisi daging, ikan, atau telur dengan sayuran ini, sekarang dapat dengan mudah ditemukan di seluruh penjuru negeri, baik di kafe maupun kedai kecil.

9Ceker ayam di Cina

Bagi sebagian orang, mengonsumsi ceker ayam memang aneh. Tapi enggak bagi waga di negara-negara Asia Timur dan Tenggara, khususnya Cina.

Di China, ceker ayam diyakini bagus untuk kesehatan. Dan biasanya dikukus atau digoreng dengan bumbu pedas. Kamu bisa dengan mudah melihat ceker ayam di kaca-kaca kedai pinggir jalan di sana. 

10Gorengan di Indonesia

Penjual gorengan bisa ditemukan di manapun di setiap perkotaan di Indonesia dengan mudahnya. Camilan ini terbuat dari berbagai bahan seperti tempe, tahu, singkong, yang dicelupkan ke dalam adonan tepung berbumbu, lalu digoreng dengan minyak panas. Cara paling lumrah memakan gorengan khas Indonesia ini adalah sambil menggigit cabai rawit pedas.

 

BRIGHTSIDE| INDEPENDENT

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments