hero
Ilustrasi penyidik KPK. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

19 Januari 2018, 09:55 WIB

INDONESIA

Komisi Pemberantasan Korupsi tak gentar ditantang bekas pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi,  yang mengajukan praperadilan ke PN Jakarta Selatan. Juru bicara KPK Febri Diansyah meyakini lembaganya memiliki alat bukti lebih dari cukup.

"Kekuatan alat bukti itu sudah kami kroscek," kata Febri, di kantornya, Kamis, 18 Januari 2018. "Dalam proses internal tentu saja baik di penyelidikan ataupun di penyidikan."

Bekas pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, tiba untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Kamis, 18 Januari 2018. (ANTARA)

 

BACA JUGA:

Febri bahkan mengungkapkan lembaganya memiliki bukti visual Fredrich menghalangi penyidikan korupsi kartu tanda penduduk elektronik yang melibatkan Novanto. Bukti visual itu didapatkan di Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan.

"Kami mengetahui siapa yang datang ke rumah sakit sebelum kecelakaan itu terjadi," ujar Febri. "Dan siapa saja yang berkoordinasi dengan pihak rumah sakit."

Dalam proses penyelidikan Fredrich, kata Febri, lembaganya juga telah memeriksa 35 saksi dan ahli. Keterangan sebagian besar saksi mengindikasikan pengacara kondang itu mengatur skenario agar Novanto tak diperiksa penyidik.

Tersangka dugaan menghalangi proses penyidikan atau Obstruction of Justice (OJ), Fredrich Yunadi. (ANTARA)

 

Komisi, kata Febri, haqul yakin majelis hakim praperadilan tak akan mengabulkan gugatan Fredrich. Musababnya, semua alat bukti dan prosedur penetapan tersangka sudah dilakukan sesuai hukum pidana.

Fredrich ditetapkan tersangka karena diyakini menghalangi KPK dalam memeriksa Novanto untuk kasus korupsi e-KTP. Komisi menudingnya kongkalikong dengan pihak RS Medika Permata Hijau memanipulasi data medis kecelakaan Novanto.

Peristiwa itu terjadi pada November 2017. Selain Fredrich, Komisi juga menetapkan dokter di RS Medika Permata Hijau, Bimanesh Sutarjo tersangka. Dari dua orang itu, baru Fredrich yang mengajukan praperadilan.

ADI SURYO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments