hero
Mantan pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Senin , 15 Januari 2018. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

18 Januari 2018, 15:20 WIB

INDONESIA

Bekas pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, tak senang dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atas kasus dugaan menghalangi penyidikan kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik. Dia mengajukan gugatan praperadilan.

Pengacara Fredrich, Sapriyanto Refa, mengatakan Komisi mengada-ngada ketika menetapkan kliennya tersangka. "Penetapan tersangka ini minimal dua alat bukti, dan dua alat bukti ini tidak terpenuhi," kata Refa, di Jakarta, Kamis, 18 Januari 2018.

Mantan pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi (tengah) berjalan seusai diperiksa KPK, di gedung KPK, Jakarta, Selasa, 16 Januari 2018. (ANTARA)

 

BACA JUGA:

Refa mendaftarkan gugatan praperadilan kliennya itu ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Menurut dia, Komisi tak bisa menemukan bukti sehingga gegabah dan terburu-buru menjerat Fredrich tersangka.

"Fredrich disangka menghalangi penyidikan  KPK," ujar Refa. "Seharusnya barang bukti yang dicari dalam digunakan untuk menghalangi. Tapi kenyataannya, yang disita itu dokumen tak ada hubungannya dengan menghalangi penyidikan."

Komisi sebelumnya menjerat Fredrich tersangka karena dianggap menghalangi pemeriksaan Setya Novanto. Komisi menyoroti perilaku Fredrich pada insiden kecelakaan Novanto di Permata Hijau, Jakarta Selatan, November 2017.

Mantan pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, memasuki mobil tahanan seusai diperiksa KPK, Selasa, 16 Januari 2018. (ANTARA)

 

Pada saat itu, Fredrich diduga kongkalikong dengan Dokter Bimanesh Sutarjo, petugas medis di Rumah Sakit Permata Hijau memanipulasi rekam medis Novanto. Tujuannya, agar Novanto terlepas dari pemeriksaan KPK.

Komisi menetapkan Fredrich dan Bimanesh tersangka obstruction of justice. Keduanya kini mendekam di tahanan Komisi dengan busana rompi oranye.

OCTA BARRY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments