hero
Setya Novanto. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

18 Januari 2018, 11:30 WIB

INDONESIA

Bekas Ketua Umum Golkar yang kini menjadi terdakwa kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik Setya Novanto berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo. Novanto mengapresiasi karena Presiden memilih Idrus Marham sebagai Menteri Sosial.

"Terima kasih kepada Pak Jokowi yang sudah memperhatkan apa yang sudah diprogram," kata Novanto, sebelum menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis, 18 Januari 2018. "Tentu saya sangat hormat dan bangga."

Idrus Marham saat diambil sumpahnya di pelantikannya sebagai Menteri Sosial, Rabu, 17 Januari 2018. (ANTARA)

 

BACA JUGA:

Novanto mengklaim dipilihnya Idrus sebagai menteri menggantikan Khofifah Indar Parawansa atas lobi-lobi yang dilakukannya sebelum terjerat pidana korupsi. "Tentu itulah yang sudah saya rencanakan saat saya jadi Ketua Umum Partai Golkar."

Kemarin, Presiden melantik Idrus menggantikan Khofifah yang sibuk mengurusi persiapan pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Idrus diplot menjadi wakil Golkar kedua di Kabinet Kerja setelah Airlanga Hartato yang menjabat Menteri Perindustrian.

Idrus Marham (kanan) mendampingi Setya Novanto (kiri) saat diperiksa KPK pada Juli 2017. (ANTARA)

 

Idrus merupakan orang yang dekat dengan Novanto. Saat Novanto masih menjabat sebagai pucuk pimpinan partai, Idrus menjadi Sekretaris Jenderal Golkar. 

Perkara korupsi kartu tanda penduduk elektronik menyebabkan Novanto didesak hengkang dari Golkar. Pada saat itulah, Idrus selalu membela sahabatnya. Dalam beberapa kali persidangan Novanto, Idrus juga terlihat selalu hadir. 

CINDY MELODY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments