hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

17 Januari 2018, 16:55 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Jenderal (Purnawirawan) Moeldoko dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Staf Presiden menggantikan Teten Masduki, Rabu, 17 Januari 2018. Moeldoko mengatakan, ia baru mengetahui pelantikan setelah membaca pesan di WhatsApp.

Menurut Moeldoko pesan WhatsApp masuk di telepon genggamnya sekitar pukul 23.45 WIB, Selasa, 16 Januari 2018. Namun, dia baru membaca pesan pada Rabu dini hari pukul 02.30 WIB. "Saya kebetulan bangun malam setengah tiga, saya lihat, ada pesan di WA (WhatsApp). Pagi-pagi saya tanya kok belum dijawab," kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden.

Moeldoko (kiri) menggantikan Teten Masduki sebagai Kepala Staf Presiden. (NET/Irez Anggraeni)

Akhirnya Moeldoko dan istri sempat kebingungan menyiapkan pakaian yang harus dikenakan saat pelantikan. "Istri saya kelabakan harus pakai uniform nasional. Namun, ya sudah kami nikmati saja," ujar dia.

Terkait penunjukannya sebagai KSP, Moeldoko mengatakan telah ada komunikasi terlebih dahulu dengan Presiden. "Kebetulan sudah beberapa kali komunikasi," kata Moeldoko.

Idrus Marham, Moeldoko (tengah), Agum Gumelar, dan Yuyu Sutisna saat diambil sumpahnya oleh Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta. (Setkab/Jay Humas)

Kehadiran Moeldoko menambah deretan purnawirawan TNI di Kabinet Kerja Presiden Jokowi. Sebelumnya ada Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno sebagai Menko Polhukam dan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu sebagai Menhan. Belakangan, Tedjo dicopot dan digantikan Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan.

BACA JUGA:
Digeser dari KSP, Teten Masduki Jadi Koordinator Staf Khusus Jokowi
Momen saat Presiden Jokowi Lantik Empat Pejabat
Presiden Jokowi Rombak Kabinet

Moeldoko berfoto dengan beberapa pejabat Kabinet Kerja. (Setkab/Jay Humas)

Luhut kemudian digeser menjadi Menko Kemaritiman dan Menko Polhukam diisi Jenderal TNI (Purn) Wiranto. Selain mereka, ada pula Jenderal (Purn) Try Sutrisno di Unit Kerja Presiden-Pembinaan Ideologi Pancasila dan Jenderal (Purn) Agum Gumelar yang baru saja menjadi anggota Wantimpres.

BAMBANG ADHI 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments