hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

16 Januari 2018, 08:45 WIB

KABUPATEN BANDUNG BARAT, INDONESIA

Biasanya kardus digunakan sebagai pembungkus barang. Tapi gimana kalau kardus dijadikan furniture, seperti meja dan kursi, bahkan jadi bahan interior kafe? Kamu bisa lihat wujudnya di kawasan Lembang, Jawa Barat, nama kafenya adalah “Kafe Kardus”. Sesuai dengan namanya, kafe yang satu ini dipenuhi dengan berbagai macam kardus yang dijadikan sebagai interior utama kafe. Mulai dari meja, kursi, sampai ke pernak-perniknya. Unik banget!

Selain furniture yang terbuat dari kardus, kafe ini juga mengusung konsep Bandung Tempo Dulu sebagai interior kafenya. Semua kardus yang digunakan di kafe ini dirakit menggunakan teknik khusus yang menjamin kekuatan dari furniturenya, terutama untuk meja dan kursi yang bisa menahan beban hingga 300 kg. Jadi, enggak perlu takut meja dan kursinya akan rusak saat digunakan.

Meja dan kursi ini dari kardus, loh! (NET BUGIE)
Kursi ini bisa menahan beban hingga 300 kg. Dijamin aman. (NET BUGIE)

Kardus yang digunakan bukan kardus biasa, yaitu kardus tipe AA dengan kualitas nomor 1. Kardus tipe ini kuat dan bisa dibentuk apapun. Materialnya juga paling tebal dan tahan air. Bahkan untuk membentuk kursi dan meja tidak dibutuhkan lagi perekat atau penyangga tambahan. Cukup pakai sistem kuncian. Dijamin kardus tetap kokoh dan mampu menahan beban berat. Uniknya lagi, furniture kardus ini bisa dibongkar pasang.

Tema warna di kafe ini juga serba cokelat. Enggak heran kalau suasananya nyaman dan hangat. Area luarnya juga enggak kalah asik. Bisa duduk-duduk santai sambil menikmati suasana pegunungan khas Lembang. Rindangnya pohon pinus di sekitar kafe enggak hanya bikin cantik tapi juga melindungi pengunjung dari teriknya matahari.

Suasana outdoor-nya juga nyaman banget. (NET BUGIE)
Lokasinya enak untuk nongkrong berlama-lama. (NET BUGIE)

Untuk urusan makanannya, kafe ini juga enggak usah diragukan. Banyak jenis makanan dan camilan lokal yang bisa dipesan, seperti camilan dari kulit kentang, seblak, cireng, sampai makanan berat. Salah satu menu yang wajib untuk dicoba adalah choco lava yang berpadu dengan lelehan marshmallow dan disajikan dengan biskuit yang manis dan lumer di mulut. Enggak hanya dari Bandung, ada juga camilan serta makanan khas dari daerah lain. Contohnya kopi jos yang merupakan minuman khas Yogyakarta.

Seblak, salah satu menu yang ada di sini. (NET BUGIE)
Saya menikmati Choco Lava yang manis. (NET BUGIE)

Ide hadirnya kafe kardus berawal dari salah satu pemilik, Nidia Valensia, yang terinspirasi dari area wisata di Taiwan dan kemduian mengusung tema kardus sebagai dekorasi utama kafenya. Nidia pun merasa dapat ide yang bagus dan merasa konsep ini baru pertama kali hadir di Indonesia. Lebih dari itu, pemiliki kafe juga ingin mengedepankan edukasi tentang kardus kepada masyarakat Indonesia.

DEASY JULIANI | BUGIE PRAMUDYA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments