hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

16 Januari 2018, 18:30 WIB

CINA

Tembok Cina merupakan salah satu situs arsitektur terbesar di dunia dan menjadi situs warisan dunia UNESCO. Tembok yang menyimpan sejarah selama 2000 tahun ini menjadi salah satu tujuan paling populer bagi turis di Cina. Sebelum mengunjunginya, ada baiknya kalau kamu mengetahui beberapa fakta tentang Tembok Cina dan tips kalau berkunjung ke sana.

Di mana letak Tembok China?

Tembok China dapat diakses dengan mudah dari Beijing, meski tembok panjang ini membentang dari Hushan, Liaoning di timur hingga Kota Jiayuguan di sebelah barat laut Cina. Tembok Cina merupakan benteng pertahanan paling utara di Cina. Tembok ini terbentang melewati 15 provinsi dan meluas dari Xinjiang di barat laut hingga perbatasan Korea di timur. Panjang Tembok Cina  mencapai 13,170.7 mil dan masih menjadi tembok terpanjang di dunia.

Tembok Cina, masih yang terpanjang di dunia. (TRAVEL AND LEISURE)

Kapan Tembok China dibangun?

Tidak ada data akurat kapan Tembok Cina dibangun, karena banyak dinasti dan pemimpin yang terlibat dalam pembangunannya. Dikatakan bahwa bagian awal tembok dibangun awal tahun 770 sebelum masehi, meski pembangunan secara resmi belum dimulai hingga 221 sebelum masehi, selama rezim Qin Shi Huang. Hampir seluruh tembok Cina yang tersisa sekarang – sepanjang 5,500 mil – dibangun saat Dinasti Ming, antara tahun 1368 dan 1644.

Tembok Cina dilihat dari ketinggian. (TRAVEL AND LEISURE)

Alasan Tembok China dibangun?

Tembok Cina dibangun sebagai pertahanan perang, karena memiliki banyak menara dan gerbang. Ketika Raja Qin Shi Huang merencanakan tembok panjang, ini berarti untuk mempertahankan Cina dari suku nomaden utara. Saat Dinasti Han, Tembok Cina dijadikan pelindung Jalur Perdagangan Sutra.

Kapan waktu terbaik untuk berkunjung?

Waktu paling populer untuk berkunjung adalah minggu pertama bulan Mei dan Oktober, tapi wisatawan harus siap dengan jumlah masa yang besar. Saat musim dingin, Tembok Cina akan diselimuti salju dan jumlah turis akan turun drastis. Tapi bersiap untuk menghadapi jalan yang licin dan berangin.

Suasana tembok Cina saat musim dingin. (TRAVEL AND LEISURE)

Musim gugur dikatakan sebagai salah satu waktu paling indah untuk mengunjungi Tembok China. Cuacanya nyaman dan kering. Bulan Juni juga menjadi waktu yang baik untuk berkunjung karena tidak ada hari libur lokal. Kamu bisa menghindari jumlah pengunjung yang banyak dan juga menikmati berbagai diskon akomodasi dan hotel.

Oya, jangan lupa kenakan sneakers kamu yang paling nyaman, agar bisa berlama-lama menjelajahi tembok raksasa ini.

TRAVEL AND LEISURE | DAILY MAIL

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments