hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

15 Januari 2018, 21:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan, pemberhentian sementara Bupati Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip sudah sesuai aturan. Menurut Tjahjo, Sri dinonaktifkan karena melanggar ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

"Jadi, dasar hukumnya kuat," kata Tjahjo di kantor Kemendagri, Senin, 15 Januari 2017.

Mendagri Tjahjo Kumolo di kantor Kemendagri, Senin, 15 Januari 2018. (NET/Hendri Hardi)

Tjahjo menjelaskan, pemberhentian itu dilakukan setelah Kemendagri mendapat laporan dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Olly melaporkan bahwa Bupati Talaud melakukan perjalanan ke Amerika Serikat sejak 20 Oktober 2017 sampai 13 November 2017 tanpa izin.

“Bupati tersebut sebulan 2 kali pergi ke Amerika tanpa izin. Tim Kemendagri datang dan cek ke Pemprov Sulut dan Kabupaten Talaud. Bupati mengakui tanpa izin,” jelas Tjahjo.

Bupati Talaud Sri Wahyumi (berjaket ungu) di Manado, Sulawesi Utara. (NET/Anita Tambayong)

Karena itu, Tjahjo langsung menandatangani surat pemberhentian Sri Wahyumi. Sri, lanjut Tjahjo, dinyatakan melanggar Pasal 77 ayat 2 UU Pemda yang menyebutkan bahwa kepala daerah yang pergi keluar negeri harus seizin Mendagri.

"Semua kepala daerah itu harusnya tahu aturan menyangkut izin. Yang lain izin kok, minimal menelepon dulu. Contohnya sakit mendadak bisa menyusul suratnya atau melalui sekdanya yang urus," ujar Tjahjo.

Sri Wahyumi mengaku tetap berkantor meski telah dinonaktifkan. (NET/Anita Tambayong)

Sementara Sri Wahyumi mengaku akan tetap berkantor meski telah dinonaktifkan. "Tetap melaksanakan tugas seperti biasa dulu. Kembali lagi ke Talaud dan bekerja," kata Sri di Manado.

Sri juga mengatakan dirinya dizalimi karena diberhentikan. Ia bersikukuh belum menerima surat pemberhentiannya. "Ibu belum terima SK-nya" kata Sri.

Dokumentasi Sri saat menjalankan tugas sebagai bupati. (talaud.go.id)

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments