hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

14 Januari 2018, 06:00 WIB

KOREA SELATAN

Ajang Golden Disc Award ke 32 yang digelar beberapa hari lalu, menjadi ajang untuk para selebriti mengenang sosok Kim Jonghyun. IU menyebut Jonghyun dalam pidatonya, Lee Hi menyanyikan lagu Breathe yang diciptakan Jonghyun sambil menangis. Beberapa selebriti lain seperti Taeyeon, Yeri Red Velvet ikut larut dalam kesedihan.

Kim Jonghyun, debut tahun 2008 sebagai vokalis utama boygrup SHINee. Bersama Taemin, Minho, Key, Onew, grup mereka menjadi salah satu yang paling populer di dunia hiburan Korea Selatan. Hampir 10 tahun berlalu, SHINee masih memproduksi musik yang berkualitas dan disukai penggemarnya.

Dibalik produktivitas SHINee ada sosok Jonghyun. Ia menulis dan mengaransemen lagu-lagunya, baik yang dinyanyikan solo maupun bersama grupnya. Kini, Jonghyun sudah tiada, untuk mengenangnya, penggemar bisa mendengar kembali deretan karya yang dibuatnya.

1.End of The Day

Dirilis September 2015, lirik dan melodi lagu ini sangat menyentuh hati. Siapapun yang mendengarnya akan terhanyut. Lagunya bercerita soal seseorang yang bekerja keras setiap hari dan perlunya menghargai diri sendiri yang sudah bekerja begitu keras.

2.Lonely (dinyanyikan bersama Taeyeon)

Lagu ini dinyanyikan duet dengan leader SNSD, Taeyeon. Liriknya bercerita soal kesepian dan memendam rasa sakit demi menjaga perasaan orang di sekitar. Dijamin dari melodi pertama, kamu akan terpikat dengan lagu ini.

3. Sorry

Lagu balad yang menyentuh hati ini bercerita soal seseorang yang sepenuh hati meminta maaf pada orang yang dicintainya. Meminta maaf dan memohon agar sang kekasih tidak meninggalkannya.

4. Breathe (Dinyanyikan oleh Lee Hi)

Suara merdu Lee Hi membuat lagu ciptaan Jonghyun berjudul Breathe ini makin syahdu didengar. Breathe bercerita soal beratnya perjuangan seseorang, dan nasihat bahwa tidak apa-apa untuk sesekali melakukan kesalahan. Bahwa ia sudah melakukan yang terbaik.

 5. Crazy

Lagu bernuansa retro funk ini bercerita soal seorang pria yang jatuh cinta setengah mati pada seorang perempuan.

 6. Gloomy Clock (dinyanyikan oleh IU)

Lagu yang awalnya dibuat untuk Jonghyun sendiri mempunyai melodi yang lucu. Namun liriknya yang sangat dalam dan banyak arti membuat lagu ini sangat menarik untuk didengar.

7. So Goodbye (OST. City Hunter)

Bagi para pecinta drama korea, pasti sudah tahu lagu ini dibuat untuk drama apa. Yup! City Hunter. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sangat mencintai pasangannya, namun memilih untuk meninggalkannya. Melihat liriknya pasti kamu juga bisa merasakan apa yang dimaksud Jonghyun dalam lagu ini.

8. Let Me Out

Lagu yang baru dirilis tahun 2017 dalam album “Story Op. 2” ini mempunyai lirik yang sangat dalam dan banyak orang yang mengira lirik ini merupakan curahan hati Jonghyun yang sesungguhnya dalam menghadapi rasa depresinya selama ini.

9. It Must Be Autumn (dinyanyikan bersama Go Young Bae)

Lagu ini menceritakan tentang pria yang sudah putus dari kekasihnya, namun belum bisa melupakannya. Lagu ini dibawakan secara apik bersama penyanyi musik beraliran Indie.

10. Love Belt (dinyanyikan bersama Younha)

Lagu duet ini menceritakan tentang pasangan yang saling membutuhkan satu sama lain untuk menjaga cintanya.  Lirik yang sederhana dan melodinya yang indah membuat lagu banyak dijadikan lagu sebelum tidur. 

BERBAGAI SUMBER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments