hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

14 Januari 2018, 13:00 WIB

MANADO, INDONESIA

Bupati Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip dinonaktifkan dari jabatannya oleh Menteri Dalam Negeri. Pemberhentian itu ditetapkan melalui Surat Keputusan Pemberhentian Sementara bernomor 131.71-17 Tahun 2018 yang ditantandatangani Mendagri Tjahjo Kumolo.

Sri dianggap melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah khususnya Pasal 76 Ayat 1 huruf I dan huruf J. Dalam beleid itu, kepala daerah atau wakil kepala daerah yang melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa izin dikenai sanksi pemberhentian sementara selama tiga bulan.

Sri Wahyumi Maria Manalip di Manado, Sabtu, 13 Januari 2018. (NET/Anita Tambayong)

Sri mengaku belum menerima SK Mendagri tersebut. "Tanda tanya juga sebelum SK saya terima secara pribadi, tapi sudah beredar di medsos. Ini agak aneh juga," kata Sri di saat menjalani pemeriksaan kesehatan bakal calon bupati/wakil bupati di Manado, Sabtu, 13 Januari 2018.

Saat ini, Sri masih menganggap dirinya sebagai Bupati Talaud. "Karena surat belum saya terima," tegas Sri.

Ia juga merasa kepergiannya ke Amerika Serikat untuk menghadiri undangan kegiatan sosial ekonomi maritim. Ia menilai kegiatan itu akan bermanfaat untuk daerahnya. "Karena ini untuk daerah, bukan untuk pribadi ibu bupati. Saya belajar untuk program maritim di sana," ujar dia.

Sri Wahyumi Manalip dalam salah satu acara Pemkab Talaud. (talaudkab.go.id)

Sebelumnya berdasarkan Surat Pernyataan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Sulut Jemmy Kumendong,  Sri Wahyumi melakukan perjalanan ke Amerika Serikat dari 20 Oktober hingga 13 November 2017 tanpa izin Menteri Dalam Negeri.

Mendagri Tjahjo Kumolo kemudian menonaktifkan Bupati Talaud Sri Wahyuni Manalip selama 3 bulan. Bupati Sri dinonaktifkan karena dua kali pergi ke Amerika Serikat (AS) dalam waktu sebulan tanpa izin.

 Bupati Sri Wahyumi. (talaudkab.go.id)

NET.Z masih berusaha menghubungi Pemerintah Provinsi Sulut dan Kementerian Dalam Negeri untuk konfirmasi lebih lanjut.

ANITA TAMBAYONG

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments