hero
Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia Adhib Khumaidi. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

12 Januari 2018, 14:45 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia Adhib Khumaidi mengatakan lembaganya akan memeriksa dugaan pelanggaran etik yang dilakukan dokter Bimanesh Sutarjo.  Menurut, Adhib, perkara Bimanesh sedang ditangani majelis etik.

"Proses internal kami akan melihat ada dugaan," ujar Adhib, di RSUD Cengkareng, Jumat, 12 Januari 2018. "Ini masih dikembangkan dan tahap konfirmasi, mencari informasi dari pihak lain."

Dokter Bimanesh sembari mendorong kursi roda datang ke KPK untuk menjalani pemeriksaan, Jumat, 12 Januari 2018. (NET)

 

BACA JUGA:
Dokternya Jadi Tersangka KPK, Ini Kata RS Permata Hijau
Manipulasi Data Medis Novanto, Dokter Bimanesh Jadi Tersangka KPK
Fredrich Yunadi Jadi Tersangka

Adhib mengatakan institusinya juga akan berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi. "Kami juga menunggu hasil dari proses hukum itu, karena hasilnya akan bisa jadi referensi pada saat sidang dalam proses etika ," ujar dia.

Bimanesh adalah dokter yang menangani Setya Novanto saat kecelakaan menabrak tiang listrik pada November 2017. Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan dokter di Rumah Sakit Medika Permata Hijau itu tersangka.

Dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Bimanesh Sutarjo menunggu untuk diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Jumat, 12 Januari 2018. (ANTARA)

 

KPK menuding Bimanesh menghalangi penyidikan atas kasus dugaan korupsi yang menjerat Novanto. Bimanesh bersama bekas kuasa hukum Novanto, Fredrich Yunadi, dianggap kongkalikong mencegah politikus Golkar diperiksa Komisi.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan  mengungkapkan bahwa sebelum kecelakan, Fredrich melalui Bimanesh memesan satu kamar di RS Medika Permata Hijau untuk perawatan Novanto.  Dengan kata lain, kecelakaan Novanto direkayasa.

Komisi juga menuding Bimanesh memanipulasi data medis Novanto saat kecelakaan. Fredrich dan Bimanesh dijerat Pasal 21 Undang-Undang  Tindak Pidana Korupsi.

LUCY OLOAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments