hero
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

11 Januari 2018, 12:20 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno setuju usulan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membuat aturan ganjil-genap bagi sepeda motor yang ingin melintas di Jalan M.H Thamrin. Dia akan mempertimbangkan membuat kebijakan itu.

"Itu masukan yang sangat bagus," kata Sandiaga, di kantornya, Kamis, 11 Januari 2018. "Kami akan koordinasikan dan nanti realisasinya di lapangan seperti apa."

Plang larangan motor melintas di Jalan Thamrin dibongkar. (NET)

 

BACA JUGA:
Rambu Larangan Motor Melintas di Thamrin Dicopot
Potret Pengendara Motor yang Nekat Melintas di Thamrin
Sandiaga Dukung MA Cabut Larangan Motor Melintas di Thamrin

Menurt Sandiaga, tak hanya mobil saja yang diberlakukan aturan ganjil-genap di sejumlah ruas jalan. Motor, kata Sandiaga, juga harus diterapkan aturan yang sama demi keadilan berlalu-lintas.

"Nanti tim lihat pemantauan dan bagaimana caranya memonitor," ujar politikus Gerindra itu. "Karena lebih kecil nomor platnya, terus kesadaran dan kepatuhan masyarakat harus juga kami tingkatkan."

Pengendara sepeda motor bebas melintas di Jalan M.H Thamrin, Rabu, 10 Januari 2018. (ANTARA)

 

Sandiaga ingin peraturan larangan motor melintas di Jalan M.H Thamrin-Jalan Medan Merdeka Barat yang sudah dianulir Mahkamah Agung diganti dengan beleid baru yang mengutamakan unsur keselamatan.

"Kalau kami lihat pertimbangan (hukum) adalah keselamatan," ujar dia. "Saya akan pertimbangkan kalau unsurnya keselamatan yang tinggi, tapi jangan mencederai unsur keadilannya di masyarakat."

Pengendara sepeda motor melintas di Jalan M.H Thamrin, Rabu, 10 Januari 2018. (ANTARA)

 

Sebelumnya, Mahkamah Agung membatalkan Peraturan Gubernur Nomor 195 tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor. Beleid itu diteken pada kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Setelah putusan Mahkamah itu, Dinas Perhubungan DKI mencabut rambu yang larangan melintas sepeda motor yang terpampag di sepanjang Jalan M.H Thamrin-Jalan Medan Merdeka Barat. Motor kini bebas melintas di jalur protokol itu.

ADI SURYO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments