hero
Presiden Joko Widodo memberi sambutan dalam pembukaan Rakernas Kementerian ATR/BPN 2018 di Jakarta, Rabu, 10 Januari 2018. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

11 Januari 2018, 11:15 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo tetap terus mendukung kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tenggelamkan kapal pencuri ikan. Menurut Jokowi, sapaan Joko Widodo, kebijakan Susi memberikan efek jera bagi para pencuri ikan.

"Jadi penenggelaman itu adalah bentuk law enforcement yang kami tunjukkan bahwa ini tidak main-main terhadap illegal fishing, terhadap pencurian ikan," kata Jokowi, di Jakarta, Rabu, 10 Januari 2018.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memberikan pemaparan saat diskusi publik, di Jogja Expo Centre, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat, 15 Desember 2017. (ANTARA). 

 

Jokowi sadar ada saling silang pendapat antara Susi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan soal kebijakan penenggelaman kapal. Saat ditanya soal perdebatan dua menterinya itu, Jokowi menjawab diplomatis.

"Setiap kebijakan itu pasti untuk kebaikan," ujar Jokowi. "Setiap menteri punya kebijakan dan kebijakan itu bukan untuk kejelekkan."

Sebelumnya, kebijakan Menteri Susi menenggelamkan kapal pencuri ikan disinggung oleh Luhut . Luhut ingin Susi fokus pada peningkatakan produksi ikan untuk diekspor.

Dengan kata lain, Luhut meminta Susi menyetop penenggelaman kapal pencuri ikan. Usulan luhut itu juga direspons Wakil Presiden Jusuf Kalla. Menurut Kalla, kebijakan Susi menenggelamkan bahtera memicu protes dari dunia internasional.

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. (ANTARA)

 

Namun Susi menyatakan tetap akan terus menghancurkan kapal pencuri ikan yang masuk ke perairan Indonesia. Menurut dia, kebijakannya itu sudah diatur dalam undang-undang.

Susi bahkan mengklaim pembenaman kapal pencuri ikan sukses meningkatkan produksi ikan hingga 12,5 juta ton pada tahun 2016. Naik 26,3 persen dari tahun sebelumnya.

BAMBANG ADHI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments