hero
(ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

9 Januari 2018, 11:10 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengapresiasi putusan Mahkamah Agung membatalkan Peraturan Gubernur Nomor 195 tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor. Menurut dia, putusan itu memenuhi keadilan warga.

"Ini sudah kami prediksi," kata Sandiaga, di kantornya, Selasa, 9 Januari 2018. "Sebelum keluar kajian, sudah keluar putusan MA yang memenuhi rasa keadilan."

Sandiaga mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menerapkan putusan Mahkamah itu. "Yang pasti sekarang dengan keputusan MA motor akan kembali ke (Jalan) M.H Thamrin tentu koordinasi aparat kepolisian," ujar dia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno. (ANTARA)

 

Politikus Gerindra itu sebelumnya tak setuju sepeda motor dilarang melintas di sekitar Jalan M.H Thamrin. Karena menurut dia, aturan itu mengebiri warga yang mencari rezeki dengan melintasi kawasan itu.

Sandiaga mengklaim ada 480 ribu pelaku usaha mikro, kecil, da menengah yang melintas di Jalan Thamrin. Dia juga menilai jalur Thamrin merupakan hajat hidup orang banyak. 

Mahkamah Agung mencabut aturan yang diteken era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu. Aturan itu digugat oleh dua orang warga, yaitu Yuliansah Hamid dan pengemudi ojek online Diki Iskandar.

Sepeda motor dilarang melintas di Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan M.H Thamrin. (ANTARA)

 

Keduanya keberatan atas aturan yang diteken Ahok karena mengganggu aktivitas penghidupannya di kawasan Thamrin. Pada 22 September 2017, permohoanan keduanya tercatat di Mahkamah Agung.

Kini, permohonan dua orang itu dikabulkan Mahkamah. Ketua majelis Irfan Fachruddin dalam pertimbangan hukumnya menilai peraturan yang diteken Ahok tidak memiliki kekuatan hukum yang mengikat.

JANUAR YUDHA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments