hero
Wisatawan mendekat ke arah bunga Raflesia Arnoldi. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

9 Januari 2018, 09:20 WIB

INDONESIA

Tepat hari ini, Selasa, 9 Januari 2018, padma raksasa atau Rafflesia Arnoldii ditetapkan menjadi bunga nasional Indonesia. Penetapan itu sesuai Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa  dan Bunga Nasional yang diteken Soeharto.

Untuk mengenang 25 tahun bunga bangkai itu menjadi bunga nasional, halaman muka Google menampilkan doodle puspa langka itu. Terlihat Rafllesia berwarna merah sedang mekar dan mengeluarkan gas di halaman muka mesin pencari Google.

Pengunjung melihat Rafflesia Arnoldii yang sedang merekah. (ANTARA)

 

Dalam keterangannya, Google sengaja memberikan keterangan peringatan puspa langka Rafflesia Arnoldii ke-25. Bunga tersebut merupakan tumbuhan parasit yang tumbuh dari inangnya.

Puspa tersebut tidak memiliki daun. Dia hanya memiliki kelopak yang diameternya bisa mencapai satu meter. Jika sedang merekah, bunga mengeluarkan bau bangkai. Spesies kusuma itu banyak dijumpai di Provinsi Bengkulu.

Rafflesia Arnoldii merupakan gabungan dari nama Dokter Joseph Arnold dan Thomas Stamford Raffles. Saat itu, Arnold sedang mengikuti ekspedisi yang dipimpin  Raffles pada tahun 1818.

Rafflesia Arnoldii yang mekar di hutan Bengkulu. (ANTARA)

 

Saat sedang melintas di hutan tropis pedalaman Manna, Bengkulu Selatan, Arnold menemukan puspa itu yang sedang merekah.Dia kemudian melaporkan temuanya itu ke Raffles.

Keduanya kemudian mendokumentasikan temuannya dan menerbitkannya di Inggris. Penamaan Rafflesia Arnoldii untuk menghargai dua tokoh yang bertugas pada masa kolonial Inggris di Sumatera.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments