hero
Wali Kota Bandung yang juga bakal calon Gubernur Jawa Barat 2018 Ridwan Kamil. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

19 Desember 2017, 12:05 WIB

JAWA BARAT, INDONESIA

Bakal calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak mau ambil pusing terkait penarikan dukungan Partai Golkar terhadap pencalonannya. Emil, sapaan Ridwan, mengatakan belum mendapat surat resmi dari Dewan Pimpinan Pusat Golkar.

"Baru dari WhatsApp, tapi kalaupun iya (penarikan dukungan) saya menghargai," kata Emil, di Hotel Grand Sahid, Senin, 18 Desember 2017 malam. "Karena proses dukungan dan perjodohan politik ini banyak dimensi, ada perubahan dinamika."

Wakil Sekretaris Bidang Hukum dan HAM DPD Golkar Jawa Barat Sarjono (kedua kanan) menunjukan surat pencabutan dukungan Partai Golkar terhadap Ridwan Kamil, Senin, 18 Desember 2017. (ANTARA)

 

Emil mengatakan masih menunggu hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa Golkar. "Ini ada perubahan orientasi. Saya kira kami hormati saja," ujar Wali Kota Bandung itu. 

Meski Golkar menarik dukungan pencalonannya, Emil tetap maju sebagai Gubernur Jawa Barat. Emil mengatakan dukungan dari NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Persatuan Pembangunan cukup sebagai syarat untuk pencalonannya.

"Tentunya (dukungan Golkar) berpengaruh," ujar dia. "Apalagi saya akan independen, bukan kader. Jadi posisi tawar saya tidak terlalu kuat dari sisi politik. Jadi saya bersyukur kalau ada yang mendukung, kalaupun tidak, tak usah dipaksakan."

Juru kamera mengabadikan gambar di depan layar yang menampilkan hasil survei para calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Kamis, 30 September 2017. (ANTARA)

 

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD Golkar Jawa Barat Iswara mengatakan partainya mencabut dukungan terhadap Emil di Pilkada Jawa Barat 2018. Surat pencabutan itu diteken langsung Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Menurut Iswara ada satu alasan Partai Beringin mencabut dukungannya kepada Emil. Emil, kata Iswara, hingga saat ini tidak ada komunikasi keputusan bakal calon wakil gubernur yang mendampinginya  nanti.

NADIA SOEKARNO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments