hero
Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Sudirman Said. (ANTARA/Reno Esnir)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

13 Desember 2017, 21:10 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri pengumuman Sudirman Said sebagai calon gubernur Jawa Tengah dari Partai Gerindra. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengumumkan pencalonan itu di kediamannya di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Desember 2017.

Anies datang belakangan setelah Prabowo memperkenalkan Sudirman Said sebagai cagub Jateng. Kehadiran Anies disambut Prabowo dan Sudirman. Mereka saling memberi hormat dan berpelukan. 

Setelah itu, Prabowo memberi kesempatan Anies untuk berbicara. Anies mengenang perjuangannya setahun lalu saat dia dan Sandiaga Uno diumumkan jadi pasangan cagub cawagub DKI.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri), bakal calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said di Jakarta. (ANTARA/Reno Esnir)

Anies juga menyinggung saat dia dan Sudirman di-reshuffle dari Kabinet Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Juli 2016 silam, Anies yang menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan digantikan Muhadjir Effendy. Sedangkan Sudirman digantikan Archandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Banyak yang bilang kami lulus cepat," ujar Anies disambut tawa seisi ruangan. Belum lagi Anies melanjutkan sambutannya, Prabowo Subianto yang berada di sampingnya mengambil mikrofon yang dipegang Anies. Namun, Prabowo urung bicara. Mantan Danjen Kopassus itu malah membisiki Anies.

"Kata Pak Prabowo, yang untung saya (Prabowo)," kata Anies menjelaskan apa yang dibisikkan Prabowo. Tawa kembali memenuhi seisi ruangan.

Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. (NET/Luqmanul Hakim)

Sementara, Sudirman sempat menyinggung keberhasilan Anies dan Sandi jadi pasangan pemimpin ibu kota. Bagi dia, Anies bukan sosok yang asing. Sudirman pernah membantu Anies setelah memenangi Pilkada DKI sebagai tim sinkronisasi DKI Jakarta.

"Mungkin Pak Anies akan ikut kampanye, karena kita sejak lama berjuang bersama. tapi Pak Anies punya tanggung jawab yang berat. Saya tidak mau terlalu mengganggu," kata Sudirman.

Dia juga menyanjung Partai Gerindra dan Prabowo karena menunjukkan sikap kenegarawan dengan memberikan ruang bagi Anies yang notabene bukan kader partai. "Setelah kemenangan Anies dan Sandi di DKI, Gerindra memberikan ruang bagi individu dari luar. Ini kepercayaan yang sangat berat," ujar Sudirman.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono (kanan) menghadiri deklarasi calon gubernur Jawa Tengah dari Partai Gerindra. (ANTARA/Reno Esnir)

Sebelum pengumuman Sudirman, Gerindra sempat ingin mengajukan Wakil Ketua Umum Gerindra Feri Julianto. Namun, Prabowo lebih memilih Sudirman setelah menimbang masukan DPD Gerindra Jawa Tengah dan tokoh publik lainnya. 

Sudirman juga mengaku mendapat modal baik karena pernah berada di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. "Mungkin masyarakat mengenal, itu bekal yang baik. Kami juga mendapat kesempatan mencari solusi masalah yang rumit," kata Sudirman.

Prabowo Subianto mengaku optimistis dengan jago partainya di Pilkada Jateng. "Kok hawa-hawanya bagus, apalagi Pak Anies sudah memberi transfer energi kemenangan. Meskipun tugasnya pun masih berat," kelakar Prabowo.

Prabowo memeluk Anies dan Sudirman. (NET/Luqmanul Hakim)

BACA JUGA:
Prabowo Ajukan Sudirman Said sebagai Cagub Jawa Tengah

Prabowo pun meminta Sudirman segera membentuk tim pemenangan dan memilih wakil yang mendampingi. Ketua umum Gerindra  mengaku sudah menjalin komunikasi dengan partai PAN dan PKS. 

JANUAR YUDHA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments