hero
(YOUTUBE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

12 Desember 2017, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Seiring bertambahnya usia, semua orang pasti menyadari kondisi tubuhnya yang enggak lagi sebugar dan selentur dulu. Ditambah lagi, kebiasaan duduk di kantor berlama-lama setiap hari membuat tubuh semakin kaku dan mudah pegal-pegal.

Nah, mungkin sebaiknya kamu mencoba lima gerakan olahraga ini. Agar tahu seberapa lentur dan temasuk kategori usia berapakah tubuhmu seperti dilansir dari Brightside berikut ini.

1Fleksibilitas sendi bahu

Fleksibilitas sendi bahu. (BRIGHTSIDE)

Cobalah pertemukan kedua telapak tanganmu di balik punggung, apakah sulit? Kalau ya, berarti tubuhmu mulai tidak fleksibel dan harus dilatih dengan cara melipat kedua sikut di belakang punggung. 

2Fleksibilitas tulang belakang

Fleksibilitas tulang belakang. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu bisa membungkuk sampai kedua telapak tanganmu menyentuh lantai, tandanya fleksibilitas tubuhmu masih baik.Namun jika kamu merasa kesulitan dan enggak bisa melakukannya, tandanya tubuhmu sudah terlalu terbiasa dengan sofa dan tempat tidur. Ayo olahraga! 

3Fleksibilitas bagian depan leher

Fleksibilitas bagian depan leher. (BRIGHTSIDE)

Cobalah ambil posisi berlutut, lalu renggangkan tubuh ke belakang sampai kamu menyentuh tumitmu. Apakah mudah? Kalau enggak, seringlah berlatih merenggangkan tubuh dengan gerakan ini, agar kelenturanmu tetap terjaga seiring bertambahnya usia. 

4Fleksibilitas sendi pinggul

Fleksibilitas sendi pinggul. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu bisa membungkuk sampai keningmu menyentuh lutut setidaknya selama 2 menit, tandanya usia tubuhmu masih muda dan lentur. Tapi kalau sebaliknya, itu berati persendianmu termasuk kaku dan bagian belakang pahamu enggak cukup lentur. 

5Fleksibilitas lutut

Fleksibilitas lutut. (BRIGHTSIDE)

Jika tubuhmu lentur, melakukan posisi tubuh "A" ini enggak akan begitu sulit, tapi saat memasuki usia 30 tahun ini akan jadi menantang. Cobalah memulai dengan posisi seperti push up, lalu lenturkanlah tubuh secara perlahan. Kesulitan? Tandanya kamu masih kurang bergerak sampai persendianmu jadi kaku.

 

BRIGHTSIDE| HEALTH 24

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments