hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

12 Desember 2017, 06:05 WIB

KAB. PATI, INDONESIA

Masih ingat enggak mahar pernikahan dari Hamish Daud untuk Raisa yang berupa setengah kilogram emas? Yaps, mas kawin di perkawinan dua publik figur ini menarik perhatian di tengah harga emas yang terhitung mahal.

Ternyata ada juga loh mahar pernikahan yang enggak kalah sensasional, yaitu berupa ratusan kitab ulama nusantara. Mahar unik ini dihadirkan dalam pernikahan Ketua Yayasan Turats Ulama Nusantara, Nanal Ainal Fauz dengan istrinya Fita Zulfa pada 17 November 2017 lalu.

“Memang saya sudah lama menggeluti kitab-kitab nusantara ini. Jadi saya pengen yang menyaksikan ikatan suci saya ya kitab-kitab yang berharga ini,” jelas Nanal.

Pernikahan Nanal Ainal Fauz yang menggunakan 200 kitab sebagai mahar. (NEt.CJ/Melandy Kurnia Putra)

Dalam akad nikah yang berlangsung di Masjid Nurul Huda, Desa Bremi, Pati, Jawa Tengah, kitab-kitab ini ditempatkan dalam satu kotak kaca dan diberi hiasan sederhana.

Nana mengumpulkan kitab-kitab itu lewat Yayasan Turats Ulama Nusantara dan membutuhkan waktu sekitar lima tahun. Terhitung ada 500 kitab yang berhasil dikumpulkan, 200 di antaranya diserahkan oleh pria asal Demak ini sebagai mas kawin. 

 200 kitab sebagai mahar. (NEt.CJ/Melandy Kurnia Putra)

Selain kitab, Nanal juga memberikan uang Rp 500 ribu sebagai mas kawinnya. Sementara pemilihan kitab sebagai maharnya bukan tanpa alasan. Pasangan ini ingin ikut melestarikan keilmuan dari para ulama yang berkembang di nusantara.  

NET.CJ MELANDY KURNIA PUTRA

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments