hero
(BRIGHTSIDE) (FLUENTU)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

11 Desember 2017, 15:00 WIB

KOREA UTARA

Korea Utara memang dikenal sebagai negara yang nyentrik dengan segala keanehan peraturan-peraturannya. Negara dengan ibukota Pyongyang ini juga dikenal sebagai negara dengan kediktatoran totaliter. Sehingga banyak hal-hal unik yang enggak biasa seperti di negara lainnya. Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir dari Brightside.

1Kalender terpisah

Kalender terpisah. (BRIGHTSIDE)

Tahun 1997, Korut membuat sistem penanggalan baru dan saat ini mereka masih berada pada tahun ke 106. Penanggalan dimulai dari ulang tahun Kim Il sung, sosok yang dianggap sebagai "pemimpin abadi" Korea Utara, yang lahir pada 1912. 

2Kelas sosial

Kelas sosial. (BRIGHTSIDE)

Sejak tahun 1957, pemerintah Korut membagi warga negaranya ke dalam tiga kelompok sosial berdasarkan loyalitas kepada negara. Kelompok tomat adalah yang paling loyal seperti politisi dan militer, kelompok apel yang merupakan warga biasa, dan kelompok anggur yang dianggap tidak loyal dan pernah melanggar aturan. 

3Jalan tak beraspal

Jalan tak beraspal. (BRIGHTSIDE)

Di Korut, hampir enggak ada jalanan yang benar-benar dibangun. Hanya 8% jalan raya yang diaspal dengan solid. Namun, warga Korut tidak masalah dengan hal ini, karena hanya sedikit dari mereka yang diperbolehkan punya mobil. Warga umumnya mengendarai sepeda. 

4Perempuan lampu lalu lintas

Perempuan lampu lalu lintas. (BRIGHTSIDE)

Mungkin ini terdengar sangat absurd, namun di Korut polisi perempuan yang bertugas menjadi pengganti lampu lalu lintas memang ada di beberapa lokasi. Enggak hanya itu, polisi perempuan lampu lalu lintas ini disyaratkan harus cantik, belum menikah, dan berusia di bawah 26 tahun. 

5Agensi NADA

Agensi NADA. (BRIGHTSIDE)

Korut mulai melakukan eksplorasi ruang angkasa sejak tahun 80-an dengan membuat lembaga bernama NADA. Lucuya, konsep dan tampilan logo NADA ini sangat mirip dengan logo NASA milik Amerika Serikat, entah sengaja atau enggak. 

6Kim Jong Il yang sangat berkuasa

Kim Jong Il yang sangat berkuasa. (BRIGHTSIDE)

Di Korut, sosok Kim Jong Il, pemimpin mereka sebelumnya, merupakan sosok yang sangat hebat dan luar biasa. Di sekolah-sekolah, warga negara diajarkan bahwa Kim Jong Il lahir di Gunung Paektu dan kelahirannya menyebabkan bintang bersinar terang di langit dan dua pelangi muncul bersamaan. Kim Jong-Il bahkan diberitakan sudah bisa berbicara dan berjalan sebelum usianya 1 tahun saat masih kecil. 

7Unicorn itu ada

Ilmuwan di Korut mengklaim bahwa unicorn itu ada. (BRIGHTSIDE) 

Ilmuwan di Korut mengklaim bahwa binatang unicorn alias kuda yang bisa terbang itu memang ada. Peninggalannya katanya pernah ditemukan di wilayah ibu kota negara yaitu Pyongyang. 

8Obat ajaib

Obat ajaib yang dapat menyembuhkan kanker, wabah mers, AIDS, dan ebola. (BRIGHTSIDE)

Korut mengklaim dirinya sebagai negara yang memiliki obat bagi wabah Mers, Aids, dan Ebola. Obat ini berbentuk cairan suntikan yang juga diklaim dapat menyembuhkan kanker dan stres karena terlalu banyak bekerja di hadapan komputer. Cairan suntikan katanya terbuat dari ginseng merah yang tumbuh di wilayah Kaesong, serta platinum dan emas. 

9Festival Arirang

Festival Arirang. (BRIGHTSIDE)

Dalam festival Arirang, ada lebih dari 100 ribu orang berkumpul untuk mempersembahkan tarian musikal di sebuah stadium raksasa di Korut. Ratusan ribu orang ini akan menari sambil membentuk pola atau sketsa yang memuji negara dan pemerintahan, serta membuat sketsa bendera negara. 

10Tak ada fashion

Tak ada fashion. (BRIGHTSIDE)

Warga negara perempuan di Korut tidak terbiasa mengikuti tren fashion atau make up karena mereka enggak akan pernah menggunakannya. Sehari-hari mereka mengenakan pakaian seadanya, bahkan kadang seragam, serta sepatu hak tinggi kapan pun dan di mana pun. Baru pada hari libur nasional lah mereka akan memakai make up dan mengenakan baju-baju berwarna cerah. 

11Skuad rekreasi

Skuad rekreasi. (BRIGHTSIDE)

Di Korut, ada anggota militer perempuan muda dan cantik yang khusus bekerja untuk menjadi kelompok hiburan dan rekreasi. Tugas mereka adalah menemani para miiter laki-laki dengan status tinggi pada hari libur. 

12Korut adalah negara yang bahagia

Korut adalah negara yang bahagia. (BRIGHTSIDE)

Ilmuwan Korut membuat sebuah penelitian yang menghasilkan satu penemuan, yakni Korut adalah salah satu negara paling bahagia di dunia. Tepatnya, negara kedua setelah Cina yang paling bahagia di dunia. Penelitian mereka menyebut, Amerika Serikat justru adalah negara paling enggak bahagia di dunia.

 

BRIGHTSIDE| NEW YORK TIMES

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments