hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

11 Desember 2017, 12:05 WIB

KAB. KLATEN, INDONESIA

Setiap pedagang punya cara unik untuk menarik perhatian calon pembelinya. Seperti yang dilakukan seorang pria bernama Lasong atau lebih dikenal sebagai Pak Cemplon. 

"Ayo, siapa mau beli. Rp 40 ribu, Rp 25 ribu, terakhir Rp 20 ribu, siapa mau beli?" teriak Pak Cemplon di tengah kerumunan orang di pasar. 

Pria yang sering berjualan di Pasar Jatianom, Klaten, Jawa Tengah ini memang sering bercanda sambil jualan. Kadang dia bergaya seperti orang melelang barang. Atau berakting seperti dalang yang memainkan barang dagangannya sebagai wayang.

"Idenya spontanitas aja, lihat situasi juga. Dulu di tahun 1990 jual pakaian, kalau anak mau sekolah jual peralatan sekolah," cerita Pak Cemplon. "Sekarang jual alat pertukangan karena agak ringan bawanya terus dapat duitnya banyak." 

Pak Cemplon. (NET.CJ/Eko Primaryanto)

Saking menariknya gaya berjualan Pak Cemplon, banyak netizen yang mengunggah aksi pedagang ini di YouTube. Cara tersebut memang terbukti ampuh menarik perhatian orang-orang di pasar.

Buktinya dalam sehari, barang dagangan Pak Cemplon bisa laku 80% sampai 100% hanya dalam waktu dua jam. Pria ini pun mendapat penghasilan rata-rata Rp 200 ribu-Rp 300 ribu per hari. Dari usaha dagangnya, Pak Cemplon bisa menyekolahkan kedua anaknya sampai tingkat sarjana. 

Barang dagangan Pak Cemplon. (NET.CJ/Eko Primaryanto)

Penasaran melihat aksi Pak Cemplon? Kamu mesti lihat hari pasaran Jawa dulu nih karena dia tidak berjualan setiap hari. Pedagang ini berdagang sesuai pasaran Jawa yaitu saat Pon, Wage, Kliwon, Legi dan Pahing. 

Selain di pasar tradisional daerah Klaten, Pak Cemplon juga memasarkan dagangannya sampai Sukoharjo, Magelang dan Yogyakarta.

NET.CJ EKO PRIMARYANTO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments